PMB Universitas Airlangga Lampaui Target

Rektorat, 18-08-2012

PPMB – Warta Unair

Pengumuman hasil ujian tertulis program Diploma dan Alih Jenis gelombang II pada Rabu malam 15 Agustus kemarin, sekaligus mengakhiri musim penerimaan mahasiswa baru S1 Universitas Airlangga tahun akademik 2012-2013. Dalam pengumuman itu, dari 2.080 peserta tes Program Diploma diterima 761 calon mahasiswa baru untuk 18 program studi Diploma. Rinciannya 227 diterima para kelompok prodi IPA, 423 diterima kelompok prodi IPS, dan 111 diterima di kelompok IPC. Sedangkan Alih Jenis dari 767 peserta diterima 286 orang lulusan D3, yaitu 171 diterima pada program studi IPA dan 115 orang pada kelompok prodi IPS.

Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universitas Airlangga, Dian Agustia, SE., Ak., MS., didampingi Sekretaris PPMB Dr. Hario Puntodewo Siswanto, drh., M.App.Sc., sudah membuat evaluasi atas pelaksanaan PMB Universitas Airlangga tahun akademik 2012-2013. Intinya PMB 2012-2013 berjalan lancar dengan semua fungsi berjalan baik sehingga target 10.000 peminat terhadap Universitas Airlangga dapat terpenuhi dan bahkan terlampaui.

Seperti diketahui peminat yang sudah membeli voucher/formulir pada jalur Mandiri gelombang I mencapai 6.684 orang, kemudian pada Mandiri II mencapai 4.133, dan jalur Diploma gelombang II mencapai 2.130 orang dan pembeli voucher Alih Jenis gelombang II sebanyak 797 pendaftar.

Peningkatan kinerja dalam jumlah peminat terhadap Unair tersebut terdorong oleh strategi promosi yang dijalankan PPMB berhasil efektif. Strategi promosi tersebut antara lain melaksanakan sosialisasi ke berbagai daerah yang selama ini kurang tersentuh oleh pemberitaan mengenai Unair, baik daerah di Jawa dan luar Jawa seperti Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Barat, Mamuju, dan beberapa daerah di Indonesia Timur. Selain sosialisasi langsung juga promosi melalui media massa baik media lokal dan nasional.

Hal itu dibuktikan dengan peningkatan sebaran peminat provinsi, yaitu tahun 2012 ini terdapat peminat yang datang dari 33 Provinsi di Indonesia, sedangkan tahun 2011-2012 lalu peminat masih dari 31 Provinsi.

”Dengan demikian sekarang yang meminati Universitas Airlangga sudah datang dari seluruh Provinsi di Indonesia,” tambah Dian Agustia, SE., Ak., MS., Kamis kemarin.

Meningkat 68% 

Dibukanya penerimaan mahasiswa baru program Diploma dan Alih Jenis menjadi dua gelombang mulai tahun 2012 ini, khususnya untuk Alih Jenis menunjukkan hasil sangat positif dan signifikan yaitu menanjaknya jumlah peminat mencapai 68% dibandingkan tahun lalu. Hal ini karena pada Alih Jenis gelombang pertama itu menunjukkan hasil sangat efektif dalam menampung lulusan D3 yang lulus pada semester tahun lalu.

Demikian juga jenjang Diploma gelombang I yang diselenggarakan sebelum ujian SNMPTN tetapi bagi peminat yang diterima juga tidak banyak yang tidak mendaftar ulang (heregristrasi), misalnya karena diterima pada SNMPTN. Hal ini menunjukkan bahwa ada peminat khusus yang memang membidik program Diploma Unair.

Sedangkan evaluasi pada penerimaan jalur SNMPTN, dikatakan Dian Agustia, peminatnya juga meningkat. Akan tetapi yang mengelola jalur penerimaan ini oleh Panitia lokal (Panlok) 50 Surabaya dan sekitarnya.

Jika musim penerimaan jenjang S1 sudah selesai, namun penerimaan mahasiswa baru pascasarjana (S2 dan S3), program professi untuk semester genap masih dibuka. Bahkan verifikasinya baru akan dibuka pada tanggal 27 Agustus sampai 31 Agustus, sedangkan ujian tertulis akan diselenggarakan pada tanggal 1 September 2012. (Bes)

warta.unair.ac.id

by. PIH Unair