Delegasi UNAIR Raih Juara II Lomba Esai Pendamping PIMNAS Wednesday, 12 September 2018 01:31

HAFLAN Alfiri Widrayat, mahasiswa FEB yang berhasil menangkan juara 2 Lomba Pendamping PIMNAS 31 di Universitas Negeri Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

HAFLAN Alfiri Widrayat, mahasiswa FEB yang berhasil menangkan juara 2 Lomba Pendamping PIMNAS 31 di Universitas Negeri Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

 

UNAIR NEWS – Menyusul kabar gembira dari delegasi UNAIR yang berhasil membawa pulang delapan medali di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 31, salah seorang ksatria terbaik UNAIR kembali tambah daftar capaian prestasi. Adalah Haflan Alfiri Hidayat. Delegasi UNAIR pada Lomba Pendamping PIMNAS yang meraih juara II kategori penulisan esai pada Sabtu (1/9) di Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam karyanya, Haflan menciptakan sebuah konsep bernama I-LEFTS (Integrated Leadership Futuristic School). Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa konsep itu dapat berperan sebagai solusi untuk memperkuat persatuan dalam kebinekaan serta meningkatkan rasa toleransi antar pemuda bangsa. Hal tersebut selaras dengan tema lomba yang mengangkat kebinekaan.

”Masalah ini sebenarnya bermula dari kondisi negara Indonesia yang sangat beragam. Masing-masing rakyat Indonesia punya berbagai perbedaan. Mulai budaya hingga latar belakang,” katanya.

Haflan mengaku terinspirasi dari sebuah buku berjudul Perilaku Organisasi yang pernah dirinya baca. Dalam buku itu, dikatakan bahwa konflik tercipta dari perbedaan.

”Saya memiliki rasa takut, Indonesia akan terpecah belah karena berbagai perbedaan. Karena pendidikan adalah tempat paling kondusif untuk menyampaikan poin-poin penting terkait persatuan. Maka saya berpikiran dan ingin menyampaikan konsep tersebut,” terang mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR tersebut.

Selama merampungkan esainya, Haflan sempat terkendala oleh manajemen waktu. Dia bahkan baru mendapat informasi terkait lomba saat sudah mendekati deadlinepengumpulan. Jadi, dia harus mengalokasikan satu hari penuh untuk mengerjakan esai itu.

Namun, dia sangat bersyukur upayanya terbayar dengan kemnangan yang digenggam. Haflan mengungkapkan, kemenangan tersebut dirinya persembahkan untuk almamater tercinta, Universitas Airlangga.

”Saya ingin membanggakan UNAIR. Melalui ini, saya bisa mengungkapkan terima kasih saya kepada UNAIR,” ungkapnya.

Pada akhir, Haflan berpesan kepada mahasiswa lain untuk dapat menyumbangkan kontribusi untuk negeri. ”Buat teman-teman, saya ingin kita semua berkontribusi untuk membangun bangsa ini dalam berbagai aspek, bidang, dan segmen yang positif lainnya. Baik dalam bentuk prestasi, bisnis, maupun kegiatan sosial,” tuturnya. (*)

Sumber : http://news.unair.ac.id/2018/09/06/delegasi-unair-raih-juara-ii-lomba-esai-pendamping-pimnas/

image_pdf  image_print

Tags : UNAIR, Universitas Airlangga, Berita dari UNAIR