Raih Peringkat Green Metric, UNAIR Adakan Gowes Bareng UKM Wednesday, 13 March 2019 09:00

GOWES bersama UKM dilaksanakan untuk meningkatkan peringkat Green Metric serta membudayakan berolahraga bagi civitas akademika UNAIR. (Foto:Istimewa)

UNAIR NEWS – Tahun 2017 menjadi tahun pertama Universitas Airlangga meraih kategori Kampus Hijau berdasarkan pemeringkatan Green Metric. Sebelumnya, UNAIR mendapat peringkat 350 terbaik dunia, yang kemudian meningkat menjadi peringkat 300 hingga terakhir tercatat menjadi peringkat 280 dunia. UNAIR berkomitmen untuk terus meningkatkan peringkat tersebut.

Sebagai langkah nyata, UNAIR mengadakan kegiatan gowes bersama UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Dihadiri oleh Direktur Sarana dan Prasarana, Karnaji, S.Sos., M.Si., dan Direktur Kemahasiswaan, Dr. M. Hadi Subhan, SH., MH., CN.,. Kegiatan itu dilaksanakan pada Jumat (1/3/2019).

Ditemui beberapa waktu lalu, Karnaji menuturkan kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh UKM yang ada di UNAIR. Rute gowes bersama dimulai dari kampus B ke kampus A dan berakhir di kampus C UNAIR. Tidak hanya bersepeda, para peserta juga diajak sarapan bersama. Disana juga tersedia doorprize  berupa 5 sepeda, 2 kulkas kecil, 1 laptop, serta hadiah bagi pemenang kontes foto terbaik.

“Gowes bersama dipilih karena salah satu kriteria penilaian Green Metric adalah polusi udara,” tambahnya.

Selain mempercepat peringkat predikat kampus hijau, lanjut Karnaji, kegiatan itu juga sebagai langkah untuk memasyarakatkan olahraga bagi sivitas akademika UNAIR dalam mengenalkan fasilitas baru UNAIR yaitu sepeda. Menurut Karnaji, olahraga yang paling bagus ialah berenang dan bersepeda. Sebab kedua olahraga cukup terjangkau dari segi biaya dan akomodasi.

“Dengan bersepeda ibaratnya sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Bisa kuliah, badan kita sehat, dan ekonomi orang tua hemat,” tambahnya.

Karnaji mengatakan, adanya fasilitas sepeda akan mengurangi polusi udara khususnya di UNAIR dan juga dapat meningkatkan peringkat UNAIR dalam tingkatan Green Metric. Lebih dari itu, sejak adanya fasilitas sepeda, mahasiswa yang saat ini bertempat tinggal di asrama dan belum memiliki sepeda motor terlihat lebih sering keluar dari pada sebelumnya.

“Sebagai mahasiswa jangan manja dulu. Jika ingin menggunakan sepeda motor lebih baik saat kalian sudah bisa membeli sepeda motor sendiri,” tambahnya.

Karnaji mengungkapkan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat mengurangi polusi udara yang ada di lingkungan Universitas Airlangga. Selain itu, dari sisi ekonomi mahasiswa juga dapat terbantu karena adanya fasilitas sepeda tersebut.

“Saya berharap saat melamar kerja nanti tidak ada lagi mahasiswa yang menemui hambatan karena masalah kesehatan,” tutupnya.

Sumber : http://news.unair.ac.id/2019/03/12/42692/

image_pdf  image_print

Tags : Excellence with Morality, Airlangga University, Campus Living