Pencapaian Institusi Friday, 15 January 2016 03:33

 

Setahun Berdiri, UKM Karate “Panen” Prestasi

 
ISTIMEWA / WARTA UNAIR
ATLET
UKM Karate UNAIR sesaat setelah bertanding di Laga Jombang Open 2015”. Selamat berprestasi!


JOMBANG – WARTA UNAIR

Universitas Airlangga (UNAIR) memang tak pernah kering dari karya dan sumbangan prestasi civitas akademikanya. Kali ini, sebuah prestasi membanggakan datang dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate. Melalui Kejuaraan Karate Nasional “Jombang Terbuka 2015”, UKM Karate UNAIR berhasil menyabet sejumlah medali dari kategori berbeda.

Kejuaraan yang diadakan dalam rangka Piala Bupati Jombang dan Piala Gubernur Jawa Timur ke-8 ini bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kertarto Jombang. Prestasi yang didapatkan tim karate UNAIR dalam kejuaraan tersebut adalah Juara I KATA Beregu Putra under 22, Juara I Komite Perorangani -55 Kg Under 22 Putri, Juara II Komite Perorangan -50 Kg Under 22 Putri, Juara III Kata Beregu Putri Under-22, Juara III Komite Perorangan -55 Kg Under 22 Putra, dan Juara III Komite Perorangan -84 Kg Under 22 Putra.

Persiapan dalam menghadapi kejuaraan ini rupanya sudah dilakukan jauh-jauh hari, yakni setelah diadakannya PUKM (Perkenalan UKM) Karate UNAIR pada mahasiswa baru 2015. Latihan diadakan untuk menjaring anggota yang sekiranya memiliki potensi sebagai delegasi di Kejuaraan Nasional Jombang Terbuka.

“Kami latihan rutin tiga kali dalam seminggu dan dua minggu sebelum kejuaraan. Latihan kemudian kami tambah menjadi setiap hari untuk mematangkan persiapan kejuaraan nasional ini,” tutur Muhammad Ryan Arysta, salah satu delegasi UKM Karate UNAIR pada reporter WARTA, Minggu, (18/10).

Menurut Ryan, kejuaraan yang dilakukan oleh tim Karate UNAIR di Jombang merupakan ajang try out sebelum mengikuti kejuaraan-kejuaraan selanjutnya. Di kejuaraan tersebut, UKM Karate UNAIR mengirimkan perwakilan yang cukup banyak dengan beragam medali.

 

Sempat Mengalami Cidera

Tepat pukul 08.00 WIB tim Karate UNAIR berangkat menggunakan Bus UNAIR. Keberangkatan ini hanya dilakukan beberapa anggota karena sebagian perwakilan tidak dapat meninggalkan kuliah dan memilih untuk berangkat malam hari.

Hari pertama pertandingan dari kelas KATA mengantarkan kontingen UNAIR menjadi juara dengan perolehan satu medali emas dan satu medali perunggu. Semangat bertanding masih mereka pertahankan hingga hari ke tiga di mana kontingen UNAIR juga mendapatkan satu medali emas, satu medali perak, dan dua medali perunggu. Sehingga jika ditotal, peraihan medali dari UNAIR adalah dua emas, satu perak, dan tiga perunggu. Kemenangan ini tentu tidak akan didapatkan tanpa usaha yang maksimal, meskipun sebelumnya mereka memiliki banyak tantangan, seperti atlet yang mengalami cidera dan sakit seminggu sebelum kejuaraan.

“Ada beberapa yang bertabrakan dengan jadwal kuliah saat latihan. Untuk beregu terkadang beberapa kali satu personilnya tidak datang karena jam latihan bertabrakan dengan jam kuliah. Sempat ada beberapa atlet yang cidera dan sakit sebelum kejuaraan,” lanjut Ryan.

Perolehan medali-medali tersebut didorong oleh motivasi para anggota yang ingin mengangkat UKM Karate UNAIR menjadi lebih baik. Meskipun UKM ini baru berdiri setahun lalu, anggota Karate UNAIR telah menunjukkan bahwa mereka memiliki potensi besar. Sebelum ini, tim Karate UNAIR pernah mendapatkan prestasi di Kejuaraan Antarperguruan Tinggi Se-Jawa Timur di ITS Open pada Mei 2015 dengan perolehan satu emas, dua perak, dan satu perunggu. (lov/nui)