Universitas Airlangga Official Website

Inovasi Mahasiswa UNAIR, Tangan Buatan untuk Pasien Amputasi

tangan buatan

PASIEN amputasi tangan biasanya ditawarkan tangan bionik sebagai alat bantu. Namun terkendala biaya, karena impor. Mahasiswa FST Universitas Airlangga menawarkan alternatif solusi fasilitas tangan buatan dengan teknologi ”Eros-Arm (Electromyograph Prosthetic Arm): tangan buatan berbasis elektromiograf.

Efek Antosianin Ubi Jalar Ungu Bisa Sebagai Penatalaksanaan Gangguan Diabetes

antosianin ubi

MAHASISWA Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga menelitian efek antosianin dalam ekstrak ubi jalar ungu (Ipomoea batatas L) berbasis nanokapsul sebagai alternatif baru penatalaksanaan diabetes Millitus. Hasilnya jika dienkapsulasi dengan nanokapsul gabungan CMC dan CHC bisa untuk penatalaksanaan gangguan DM.

Band Rumput, Band Amerika yang Debarkan ”Rabu Keroncong” di UNAIR

BAND Rumput, band asal Amerika, kala menampilkan lagu keroncong Walang Kekek di pada Rabu (11/7) di Ruang Siti Parwati, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Airlangga. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Band Rumput, band asal Amerika didapuk menjadi pengisi dalam acara bertajuk ‘’Rabu Keroncong’’ pada Rabu (11/7) di Ruang Siti Parwati, Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Airlangga. Acara itu merupakan project Band Rumput atas kerja sama dengan AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation). Khususnya dalam upaya mempromosikan beasiswa Fullbright kepada mahasiswa Indonesia. Termasuk sebagai […]

Mahasiswa UNAIR Berhasil Temukan ’Bioagents Antimikroba’ Pada Ayam Petelur

antimikroba

MAHASISWA Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga dalam penelitiannya berhasil menguji efektifitas Bakteriofage sebagai alternatif obat antimikroba untuk penyakit colibacillosis pada ayam petelur. Dengan penelitian lanjutan, diharapkan bakteriofage menjadi cara terbaru mengatasi resistensi antibiotik pada bakteri.

Mahasiswa UNAIR Kembangkan Virus Pembunuh Bakteri, untuk Atasi Resistensi Antibiotik

atasi resistensi

KASUS resistensi obat, utamanya antibiotic, sudah sering terjadi. Mahasiswa Universitas Airlangga berhasil meneliti Bacteriophage Strain F108 sebagai Drug of Choice Infeksi Pasteurella multocida pada Penyakit Menular Strategis Ayam Potong. Dengan penelitian selanjutnya diharapkan menjadi solusi pengganti antibiotik yang beresiko resisten.

Temui Tokoh Masyarakat, Tim PKL Bulusan UNAIR Gali Masalah Kesehatan  

BERSAMA perangkat Kelurahan Bulusan, tim PKL (praktik kerja lapangan) dari Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi menggali langsung masalah kesehatan dari para tokoh masyarakat. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Di Banyuwangi, kesehatan masih menjadi problem yang kompleks hingga saat ini. Permasalahan yang sering muncul, salah satunya, kegagalan program intervensi, sosialisasi kepada masyarakat. Hal itu sering terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara harapan masyarakat dan implementasi program yang diterapkan. Menanggapi problem tersebut, tim PKL (praktik kerja lapangan) dari Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat […]