Universitas Airlangga Official Website

Keceriaan Ramadhan Kampung Nelayan Kalisari Bersama Penerima Manfaat Beasiswa Cendekia BAZNAS UNAIR

Keceriaan Ramadhan Kampung Nelayan Kalisari Bersama Penerima Manfaat Beasiswa Cendekia BAZNAS UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Tidak seperti biasanya, keceriaan anak-anak nampak di TPQ Al Amin, Kampung Nelayan Kalisari Surabaya pada sore itu (16/04/2022). Anak-anak dari berbagai usia dan beberapa ibu memadati serambi TPQ Al Amin. Rupa-rupanya ada sesuatu gawe yang ditunggu sambil menunggu adzan maghrib. 

Hari itu diadakan acara “Ramadhan Berbagi” yang diadakan oleh para Penerima Manfaat Beasiswa Cendekia BAZNAS Universitas Airlangga (BCB UNAIR) berkolaborasi dengan Komunitas Robwah Foundation besutan Afri Andiarto SM yang juga merupakan pembina Mahasiswa Masjid Ulul ‘Azmi Universitas Airlangga.

Acara dibuka dengan sesi permainan tanya jawab seputar pengetahuan keislaman. Dua penerima manfaat BCB UNAIR, Salwa Pooja (FKp) dan Winda Aenah (FK) memandu jalannya acara tersebut sebagai Master of Ceremony (MC). Tampak antusiasme anak-anak TPQ Al Amin dari suara mereka yang bersahut-sahutan menjawab pertanyaan tersebut. Bagi yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan bingkisan menarik dari panitia penyelenggara “Ramadan Berbagi”. 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi mendongeng yang menjadi acara utama. Dongeng tersebut berjudul “Aku dan Puasa’’ yang dibawakan oleh Handoko dari Komunitas Kumpul Dongeng Surabaya. Sesi mendongeng tersebut dikemas sangat menarik dengan melibatkan boneka tangan yang diberi nama “Si Temon”. Kehadiran Si Temon tersebut mengundang gelak tawa para penonton, lantaran rupa boneka tersebut yang sengaja dibuat mirip dengan pemain boneka tersebut.

Selain melibatkan boneka tangan, Handoko juga melibatkan sejumlah penonton untuk turut berpartisipasi dalam alur dongeng tersebut. Tampak beberapa anak maju ke panggung untuk memerankan peran seperti pohon, ulat, dan petani. 

Dongeng yang berlangsung selama kurang lebih setengah jam ini sukses menyedot perhatian warga Kampung Nelayan Kalisari Surabaya untuk memadati serambi TPQ Al-Amin. Ketika adzan maghrib berkumandang, panitia “Ramadan Berbagi” membagikan takjil berupa es buah dan roti yang cukup banyak. 

Afri Andiarto, SM selaku pembina kegiatan ini menyatakan senang dengan suksesnya acara ini. Ia berpendapat bahwa acara “Ramadan Berbagi” ini selain menumbuhkan rasa solidaritas umat muslim di bulan ramadhan juga bermanfaat untuk meningkatkan semangat keimanan dan ketaqwaan generasi muda muslim di bulan suci Ramadan ini. Hal itu dibuktikan dengan orientasi acara “Ramadan Berbagi” yang berpusat pada keikutsertaan anak-anak. 

Acara “Ramadan Berbagi” ini kemudian ditutup dengan pembagian bingkisan berupa nasi kotak dan beberapa paket alat tulis kepada seluruh peserta yang hadir di serambi TPQ Al-Amin. Ustadz Nur, Selaku pengasuh TPQ Kampung Nelayan Kalisari menyatakan senang dan berterima kasih kepada panitia penyelenggara atas diadakannya acara ini. Beliau berharap acara seperti ini dapat dilanjutkan di Ramadan yang akan datang. 

Penulis: Rahadyan Fajar Harris (Koordinator Beasiswa Cendekia BAZNAS Universitas Airlangga)