Universitas Airlangga Official Website

Sambut Program IISMAVO 2023, Fakultas Vokasi UNAIR Gelar Sosialisasi

(Dari kiri) Hadir Tofan Agung Eka Prasetya SKep MKKK, Dr Tika Widiastuti SE MSi, Elza Rhenata, Wa Daicy Augustine, serta Ratnaningtyas Wahyu Kusuma Wardani SKM MKL dalam sosialisasi bertajuk “Be Bold Explore the World with IISMAVO” (Foto: SS Zoom)

UNAIR NEWS – Dalam rangka mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU), Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan sosialisasi program Indonesian International Student Mobility Awards Edisi Vokasi (IISMAVO) pada Jumat (20/1/2023). Melalui kegiatan ini, Dr Tika Widiastuti SE MSi selaku wakil dekan I Fakultas Vokasi UNAIR berharap mahasiswa dapat termotivasi untuk mendaftar.

IISMAVO sendiri merupakan program mobilitas untuk mahasiswa jenjang vokasi di lingkup Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) Indonesia yang memberikan pembelajaran kolaborasi bersama industri di luar negeri selama satu semester atau setara 20 SKS dengan pembiayaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Tika menyebut IISMAVO sebagai salah satu program Merdeka Belajar yang memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa. Sebab mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan, namun juga pengalaman untuk ikut serta dalam berbagai aktivitas yang akan diselenggarakan oleh kampus mitra.

Selain itu, Tika menyarankan agar mahasiswa yang tertarik mengikuti IISMAVO segera mempersiapkan seluruh persyaratan yang tercantum dalam website resmi. Program ini umumnya terbuka bagi mahasiswa Diploma 3 minimal semester 4 dan Diploma 4 mulai dari semester 4 atau 6. 

“Tugas kita saat ini adalah mempersiapkan sebaik mungkin apa yang menjadi persyaratan untuk bisa lolos seleksi menjadi awardee IISMAVO 2023. Percayalah bahwa kesempatan ini sangat luar biasa,” ujarnya.

Persyaratan lebih lanjut mengenai program IISMAVO dapat klik di sini. Adapun kegiatan potensial untuk persiapan IISMAVO mahasiswa UNAIR di antaranya:

  1. Pemberian materi penulisan esai dalam bahasa Inggris dan tes kecakapan bahasa Inggris (TOEFL iBT) oleh tim KAPLAN Education;
  2. Pemberian materi persiapan tes kecakapan bahasa Inggris (IELTS) oleh tim SUN Education;
  3. Pelaksanaan mock up interview oleh alumni awardee IISMA atau IISMAVO; dan
  4. Pendampingan proses pendaftaran IISMAVO.

Pendaftaran akan dibuka sekitar bulan Februari hingga Maret 2023 dengan didampingi tim Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), tim internasionalisasi fakultas, serta Airlangga Global Engagement (AGE). Tika juga mengatakan bahwa Fakultas Vokasi tahun ini menargetkan lebih banyak penerima beasiswa IISMAVO. 

“Di sini Fakultas Vokasi benar-benar fully support fokus untuk mendampingi adik-adik semuanya. Contoh, kita akan coba buat semacam bootcamp karena nanti ada seleksi interview tentu kita tidak bisa kalau tidak latihan secara terus-menerus,” kata Tika.

Selain penyampaian program IISMAVO, berlangsung sesi tanya jawab dengan alumni awardee yaitu Elza Rhenata, D4 Teknologi Radiologi Pencitraan (University of Portsmouth); Wa Daicy Augustine, D3 Bahasa Inggris (Arts University Bournemouth); dan Adinda Wulandari, D3 Paramedik Veteriner (National Pingtung University of Science and Technology).

Penulis: Sela Septi Dwi Arista

Editor: Nuri Hermawan