Universitas Airlangga Official Website

Peringati Hari Peduli Sampah, KSE UNAIR Lakukan Aksi Pungut Sampah Nasional

Karyawan PT Kimia Farma TBK bersama Penerima Beasiswa KSE UNAIR lakukan foto bareng setelah acara GPS. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional, paguyuban penerima beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) Universitas Airlangga (UNAIR) lakukan aksi Gerakan Pungut Sampah (GPS) pada Ahad (19/2/2023). Gerakan yang komandoi oleh Yayasan Beasiswa Karya Salemba Empat itu dilakukan di 35 titik seluruh indonesia, salah satunya di Surabaya. 

“Gerakan Pungut sampah ini merupakan gerakan nasional. Ini dilakukan bukan hanya di surabaya, tetapi juga di seluruh Indonesia tepatnya di 35 Universitas di Indonesia,” ucap Ketua Paguyuban KSE UNAIR, Andhika Raka Kurniawan.

Lebih lanjut, kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Kenjeran Surabaya  itu merupakan bentuk kampanye kepada masyarakat agar lebih peduli dengan sampah. Raka menyebut, salah satu bentuk sederhana peduli sampah adalah tidak membuang sampah sembarangan. 

Selain kampanye secara langsung, sambungnya, kegiatan ini juga dilakukan secara online. Nantinya para penerima beasiswa KSE akan menyebar konten kreatif edukasi peduli sampah di kanal media sosial miliknya seperti Instagram, Tiktok dan lain sebagainya. 

“Harapannya kegiatan ini dapat berjalan lancar, tertib dan semoga dapat memberikan manfaat buat kita dan orang banyak kedepannya,” pungkas Raka saat menutup sambutan.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari PT Kimia Farma Tbk selaku salah satu donatur Beasiswa KSE. Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu turut serta menerjunkan empat orang karyawan untuk bergabung menyukseskan gelaran pungut sampah nasional.

Salah seorang karyawan, Siti  Khotimah, mengatakan kegiatan ini sangat mencerminkan tujuan perusahaan. PT Kimia Farma, ucapnya, sangat mendukung kegiatan positif yang dapat membuat Indonesia lebih bersih dan sehat.

“Saya mewakili manajemen PT Kimia Farma persero Tbk, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat menyelenggarakan kegiatan ini, Sebagai perwujudan corporate social responsibility dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, sekaligus bentuk pengabdian kepada masyarakat, kami mendukung penuh kegiatan ini,” jelasnya.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat untuk masyarakat luas. Selain itu, lanjut Siti, semoga kegiatan ini dapat ditiru oleh kelompok atau komunitas lain untuk melakukan kegiatan serupa. Hal tersebut dalam rangka mewujudkan Indonesia yang bersih dan sehat.

“Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi positif untuk gerakan sejenis yang lebih besar lagi di masa mendatang,” ucap Siti.

Penulis: Haryansyah Setiawan

Editor: Nuri Hermawan