Universitas Airlangga Official Website

5 Pertanyaan Seputar FIKKIA UNAIR Di MGBK EduFair 2024

KABAR FIKKIA – Awal Januari 2024 menjadi waktu mendebarkan bagi siswa kelas 12 setingkat SMA. Ada yang sudah memilih langkah melanjutkan studi kemana, ada juga yang masih bimbang harus melanjutkan dimana. Galau antara jurusan pilihan orang tua, kemampuan diri, hingga target lolos perguruan tinggi negeri menjadi sesuatu yang menegangkan bagi siswa kelas 12. Oleh karena itu, kami merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan siswa seputar FIKKIA UNAIR saat perhelatan MGBK EduFair 2024. Expo kampus yang diselenggarakan di GOR Tawangalun Banyuwangi tersebut diikuti oleh 36 perguruan tinggi negeri dan swasta. Adapun FIKKIA UNAIR juga ikut meramaikan berlangsungnya expo kampus yang belangsung Kamis, (05/01/2024).

Berikut kami rangkumkan pertanyaan seputar FIKKIA yang sering ditanyakan.

Q1: Bagaimana cara mendaftar di FIKKIA UNAIR?

A1: Mekanisme penerimaan mahasiswa di FIKKIA sepenuhnya mengikuti alur proses Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) dan Seleksi Masuk Universitas Airlangga (SMUA). SNPMB diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). SNPMB terbagi menjadi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Sedangkan SMUA adalah seleksi yang diadakan secara mandiri oleh Universitas Airlangga.

Pendaftaran FIKKIA

Waktu penyelenggaraan seleksi juga mengikuti jadwal nasional dan Universitas Airlangga. Sehingga secara tidak langsung, mahasiswa yang menempuh perkuliahan di FIKKIA UNAIR merupakan putra-putri terbaik daerah di Indonesia.

Info biaya kuliah selengkapnya…

Q2: Saya adalah siswa SMK, apakah saya bisa mendaftar ke program studi yang ada di FIKKIA?

A2: Sangat bisa. Banyak mahasiswa FIKKIA merupakan alumni sekolah kejuruan. Ada juga yang alumni pondok pesantren dari luar Kota Banyuwangi. Tidak jarang, mereka mengambil program studi lintas minat, berbeda dengan jurusan yang mereka tempuh saat SMK.

Calon mahasiswa dapat diterima di FIKKIA UNAIR setelah dinyatakan lolos seleksi dan melakukan registrasi mahasiswa baru sesuai dengan ketentuan.

Q3: Apakah di FIKKIA menerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K)?

A3: Tiga Program Studi FIKKIA UNAIR menerima mahasiswa KIP-K. Masing-masing kuota setiap program studi telah ditetapkan oleh UNAIR.

Q4: Bagaimana biaya hidup kuliah di FIKKIA UNAIR?

A4: Berlokasi di Banyuwangi, Kuliah di FIKKIA UNAIR tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Lingkungan alam dan ekologi  Kabupaten Banyuwangi yang asri dan sejuk menjadi daya dukung akademis yang memudahkan proses belajar. Biaya hidup yang lebih murah dari pada di kota besar membuat kuliah di FIKKIA UNAIR ramah bagi kantong mahasiswa dan orang tua/ wali. Kost dan makanan yang terjangkau, mobilitas antar kampus yang dekat, sarana rekreasi alam yang murah, sangat menunjang kegiatan perkuliahan di Banyuwangi.

Q5: Bagaimana proses perkuliahan selama menempuh pendidikan di FIKKIA UNAIR?

A5: Setelah mahasiswa dinyatakan lolos dan melakukan registrasi, mahasiswa tersebut telah diterima menjadi bagian dari Universitas Airlangga. Mahasiswa baru akan dikukuhkan oleh Rektor UNAIR dan mengikuti keegiatan pengenalan lingkungan kampus (ospek univ) di UNAIR Surabaya. Kemudian memasuki masa belajar, mahasiswa akan menempuh pendidikan di Banyuwangi hingga memasuki masa yudisuim untuk selanjutnya melakukan prosesi wisuda di ACC UNAIR.

Fasilitas belajar, kualitas dosen, pelayanan dan proses akademik di FIKKIA mengikuti regulasi dan kebijakan umum di UNIVERSITAS AIRLANGGA sebagai lembaga induk. Hanya tempat kuliah saja yang berbeda.

Pertanyaan dari adik adik kelas 12 yang sudah kami rangkum, semoga dapat memantapkan hati calon mahasiswa baru dan orang tua. Sehingga dapat melakukan persiapan masuk perguruan tinggi negeri lebih mantap lagi. Sampai bertemu di FIKKIA UNAIR

Penulis: Avicena C. Nisa

Editor: Tasya Ramadhan