UNAIR NEWS – Airlangga Media Webinar dan Workshop 3.0 (AMINOR) kembali diselenggarakan pada Sabtu (17/09/2022). Acara tersebut merupakan program kerja Kominfo BEM UNAIR bekerja sama dengan Medkom BEM FISIP dengan mengangkat tema Level Up Your Skill on Creative Ways in Digital Era.
AMINOR 3.0 terdiri dari tiga rangkaian acara dengan topik Digital Skill, Copywriting & Media Planning, dan Video Editor di mana terbagi dalam tiga sesi yang berbeda.
Astrid Nadya hadir sebagai narasumber pada sesi Copywriting & Media Planning AMINOR 3.0. Astrid Nadya merupakan mahasiswa prodi Manajemen UNAIR yang sudah memiliki banyak pengalaman di dunia digital. Sesi ini diikuti oleh tiga puluh peserta yang tergabung dalam zoom meeting.
Dalam kesempatan itu, ia menjelaskan bahwa perkembangan teknologi dan informasi saat ini membuat semua harus beradaptasi. Selain itu, lanjutnya, setiap individu harus mampu memanfaatkan peluang yang ada, terutama dalam dunia digital.
“Di dunia digital marketing dikenal istilah content is king, karena bagaimanapun juga untuk menawarkan sebuah produk atau brand dalam dunia digital kita tidak bisa terlepas dari yang namanya konten,” jelasnya.
Selanjutnya, ia juga mengatakan bahwa Content Planning menjadi langkah awal yang dapat dilakukan sebelum terjun membuat konten. Tahapan dalam menyusun content planning, lanjutnya, mulai dari penentuan target market, analisis platform sosial media yang mau dipakai, tetapkan tujuan, dan membuat strategi bagaimana konten bekerja.
“Langkah selanjutnya adalah strategi membuat konten yang terdiri dari membuat konten pilar, menganalisis kompetitor, mencari target market, membuat brief content dan terakhir eksekusi konten melalui produksi,” jelasnya.
Pada akhir Astrid menambahkan bahwa dalam produksi konten, copywriting merupakan salah satu skill penting yang dibutuhkan.
Penulis: Mentari
Editor: Nuri Hermawan