UNAIR NEWS – Kembali dengan seri keenam Program Mahasiswa Wirausaha, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni Universitas Airlangga (DPKKA UNAIR) menggandeng Nina Agustriana, Head of Division Area Marketing of Nutrifood sebagai pembicara. Webinar bertajuk ‘Customer Activation & Community Engagement’ ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meetings pada Sabtu (21/05/2022).
Nina memaparkan pentingnya sebuah aktivasi konsumen dalam wirausaha. Aktivasi konsumen sendiri, ujarnya mengutip dari Weterings, adalah cara untuk menjadikan calon konsumen mau bergerak untuk berpartisipasi dalam produk dan jasa yang ditawarkan. Semakin konsumen teraktivasi, maka akan semakin terikat mereka dengan wirausaha.
“Customer Journey Map adalah visualisasi untuk merepresentasi proses dimana customer, atau prospek calon customer, beralih dari flow mulai mengenal sampai benar-benar beli sampai dengan benar-benar happy dengan produk kita,” beber Nina tentang proses pengaktivasian konsumen.
Ia juga menjelaskan, karena wirausahawan sendiri merupakan kegiatan yang poin utamanya adalah membentuk sebuah profit, ada dua hal besar yang harus dilakukan, yaitu mendapat dan menambah konsumen. “Kita mencari selalu konsumen-konsumen baru, kemudian mengaktivasi mereka, jangan sampai mager di satu proses itu terus. Yang tadinya beli satu, kita bikin jadi beli banyak,” kata Nina.
Proses penambahan konsumen tidak dapat lepas dari suatu strategi yang disebut referrals. “Bagaimana supaya mereka nggak cuma, konsumen kita, happy sendiri, tapi bagaimana saking happy-nya konsumen itu juga bisa cerita ke temen-temennya dan menjadi referral (rujukan, red) untuk membantu kita mendapatkan konsumen-konsumen baru,” terang Nina.
Berkaitan dengan aktivasi konsumen, partisipasi komunitas sebagai hal yang tak kalah krusial dalam wirausaha juga dibahas pada pemaparan berikutnya. “Kita sadar bahwa konsumen secara personal saja tidak cukup, butuh untuk kita engage secara community juga,” ujar Nina.
Dalam hal itu, lanjutnya, diperlukan sebuah model bernama customer network dengan artian adanya hubungan antar konsumen yang perlu kita, wirausahawan, bina atau kembangkan. Implementasinya, ada lima langkah yang dinaungi.
Nina mengurutkan lima langkah itu, yakni access strategy, engage strategy yang bertujuan untuk membuat hubungan antar konsumen itu relevan bagi mereka sehingga ada kebermanfaatan yang mereka peroleh, customize strategy, connect strategy.
“Yaitu bagaimana wirausahawan dapat mewadahi konsumen dalam mengekspresikan kebutuhan mereka dalam berkomunitas. Terakhir, collaborate strategy, yaitu cara untuk membuat hubungan antar konsumen berjalan awet,” tutupnya.
Penulis: Leivina Ariani Sugiharto Putri
Editor: Nuri Hermawan