Universitas Airlangga Official Website

Beasiswa Unggulan UNAIR Bahas Pentingnya Personal Branding

Narasumber menjelaskan materi personal dan profesional branding (Foto: Kania)
Narasumber menjelaskan materi personal dan profesional branding (Foto: Kania)

Kelurahan Beasiswa Unggulan Universitas Airlangga menggelar live streaming dan live QnA dengan tajuk “The Art of-Self-Marketing” pada Minggu (16/3/2025). Kegiatan tersebut berlangsung di platform Instagram dan menghadirkan Reza Nafi, penerima Beasiswa Unggulan sekaligus Founder and President 180 Degrees Consulting UNAIR.

Dalam sesi tersebut, Reza Nafi membahas pentingnya self branding serta pengaruhnya terhadap Curriculum Vitae (CV) dan portofolio. Ia juga membagikan tips dan pengalaman pribadi dalam membangun citra diri yang positif dan profesional, baik di dunia akademik maupun karier.

E-Leaflet dari kegiatan live streaming Kelurahan Beasiswa Unggulan UNAIR
Personal Branding sebagai Identitas Diri

Menurut Reza Nafi, personal branding merupakan aspek penting dalam membangun identitas diri karena menunjukkan keunikan dan nilai jual seseorang. Personal branding yang kuat mampu memperkuat identitas dan membuka berbagai peluang baru di dunia profesional.

Reza juga menjelaskan bahwa Curriculum Vitae (CV) berperan sebagai media yang menggambarkan kompetensi seseorang, baik dalam bentuk digital maupun fisik. Saat ini, banyak Human Resource (HR) yang menggunakan sistem Applicant Tracking System (ATS) untuk menyaring CV. Oleh karena itu, Reza menekankan pentingnya mencantumkan elemen kunci dalam CV ATS, seperti keyword, data kuantitatif, dan data kualitatif.

Reza juga mengenalkan konsep ikigai yang dapat membantu seseorang memahami kemampuannya, lalu mencocokkannya dengan kebutuhan industri yang bersedia membayar jasanya. Selain personal branding yang bersifat umum, ia menambahkan bahwa ada juga professional branding yang lebih spesifik, dan banyak diterapkan melalui platform LinkedIn.

Reza menekankan pentingnya menyusun profil LinkedIn secara optimal. Reza menyarankan pengguna menggunakan foto profil dengan jarak medium close up, serta headline yang mampu merepresentasikan posisi dan keunikan yang membedakan dari kandidat lain. Selain itu, melengkapi informasi pengalaman organisasi, kegiatan sukarelawan, hingga prestasi juga menjadi bagian penting dalam membangun citra profesional yang kuat. “Personal branding akan memperkuat identitas kita serta membuka berbagai peluang baru,” ungkap Reza.

Portofolio di Media Sosial 

Seseorang yang memiliki pengalaman di bidang digital dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana membangun portofolio. Saat ini, banyak platform media sosial yang berfokus pada konten video, sehingga pengguna dapat menggunakannya untuk memperkuat personal branding sekaligus menampilkan karya dalam portofolio.

Bagi individu yang ingin memisahkan kehidupan pribadi dan professional branding, Reza Nafi menyarankan untuk membuat akun terpisah. Akun khusus untuk kebutuhan profesional dapat digunakan sebagai etalase yang menampilkan kompetensi dan pengalaman, sementara akun pribadi tetap fokus pada aktivitas personal.

Nama: Kania Khansanadhifa Kallista 

Editor: Ragil Kukuh Imanto