Universitas Airlangga Official Website

BEM FEB Gelar Workshop Efektivitas Membangun Personal Branding

Pemateri dan moderator ketika Workshop Career Day 2023 melalui zoom meeting. (Sumber: SS Zoom)

UNAIR NEWS – BEM FEB Universitas Airlangga menggelar workshop bertajuk “Boost Your Career Prospects by Mastering Job Application”. Acara yang berlangsung pada Sabtu (16/9/2023) itu, mengundang Junar Asunyi SPsi, Human Resource (HR) Habis Kerja untuk membahas persiapan yang perlu mahasiswa lakukan sebelum melamar kerja.

Pembahasan karir berfokus pada pembuatan CV dan Linkedin yang tepat sebagai personal branding supaya memiliki peluang besar untuk perusahaan lirik. “Minimal mahasiswa sudah memiliki CV dan Linkedin untuk menunjukan seberapa banyak skill yang mahasiswa miliki. Dua hal itu penting buat personal branding agar semakin banyak orang percaya dengan pengalaman dan kemampuan kita,” tutur Junar Asunyi.

Membangun Personal Branding

Menurut Junar sapaan akrabnya, dalam membangun personal branding tidak bisa secara instan lakukan, melainkan butuh banyak waktu. “Ada orang sampai berbulan-bulan hanya untuk membangun personal branding yang konsisten. Tidak bisa membuat Linkedin sekarang kemudian besok langsung dapat tawaran kerja,” ungkapnya. 

Lebih lanjut, Junar menegaskan bahwa ketika mengelola Linkedin usahakan menggunakan kata-kata singkat yang muda HR baca dan pahami. Dia juga menjelaskan tentang pentingnya berfokus pada 1 keahlian atau keterampilan yang perlu ditunjukan secara rinci. 

“Jangan tulis skill yang general atau skill yang bersifat kewajiban seperti tanggung jawab dan disiplin. Tulis saja skill yang sesuai dengan posisi ketika melamar kerja,” jelasnya. 

Junar Asunyi SPsi menjelaskan pentingnya membuat Linkedin untuk jenjang karir. (Sumber: SS Zoom)

Pentingnya Mengelola Media Sosial

Junar menjelaskan mahasiswa harus mulai mengelola media sosial seperti Linkedin dan Instagram. Kedua hal tersebut, tambahnya, menjadi salah satu penilaian HR ketika merekrut pekerja baru. 

Sebagai HR, Junar sering melihat track record pelamar untuk menentukan orang yang paling tepat pada posisi kerja yang perusahaan tawarkan. “Postingan-postingan yang berkaitan dengan pengalaman selama kuliah bisa menjadi konten di media sosial untuk menunjukan branding yang baik untuk menggambarkan kemampuan diri,” ungkapnya.

Persiapan Melamar Kerja di Perusahaan

Kemudian Junar juga mengungkapkan, selain job application, seorang pelamar kerja juga perlu menentukan posisi yang tepat ketika melamar kerja. “Tentukan lamaran posisi yang sesuai dengan skill yang kalian miliki. Usahakan jangan sampai melamar pada banyak posisi supaya tidak dianggap tidak konsisten,” jelasnya

Dia mengingatkan untuk membaca persyaratan yang perusahaan lampirkan, sebelum mengirim lamaran untuk meminimalisir penolakan kerja pada tahap seleksi berkas. “Sebelum apply kerja, baca dahulu persyaratannya karena ada perusahaan yang memberikan beberapa syarat lamaran yang harus pelamar ikuti. Ikuti saja ketentuan yang ada dan jangan sampai terlewat,” pungkasnya.

Penulis: Iratri Puspita

Editor: Nuri Hermawan

Baca Juga: BEM FEB Jembatani Mahasiswa Gali Potensi Digital Marketing