Universitas Airlangga Official Website

BEM FKG UNAIR Gelar Talkshow Bijak Menggunakan Media Sosial

UNAIR NEWS – BEM FKG UNAIR menyelenggarakan talkshow perihal manajemen media sosial yang optimal pada mahasiswa dan masyarakat. Kegiatan itu dilatarbelakangi oleh cepatnya informasi yang tersebar di media sosial yang mengharuskan seseorang bijak dalam penggunaannya. Talkshow diselenggarakan pada Minggu (11/12/2022) melalui Zoom meeting.

“Stovit Talk (Stalk) 2022 ini bertujuan untuk melatih dan mengembangkan personal branding dan menuangkan kreativitas dan produktivitas mahasiswa dan khalayak umum dalam bermedia sosial yang bijak,” ujar Cut Zahra Zulfikar, penyelenggara acara.

Mahasiswa semester lima itu berharap, kegiatan ini dapat menstimulus mahasiswa dan khalayak umum dalam mendayagunakan media sosial. Selain itu, informasi yang diberikan dapat lebih valid dan kemasan yang disampaikan lebih menarik sehingga dapat menciptakan personal branding yang optimal di dalamnya.

Ada beberapa cut of point yang disampaikan oleh narasumber saat acara berlangsung. Di antaranya pengantar media sosial, pentingnya media sosial, penggunaan media sosial, dan alasan keharusan manajemen media sosial.

Pentingnya Media Sosial

Nadya Alisya sebagai narasumber menyebutkan bahwa media sosial adalah teknologi media yang interaktif dalam memfasilitasi pembuatan dan penyebaran informasi, ide, ketertarikan, dan lainnya kepada penggunanya secara masif. Media sosial ini merupakan hal penting dalam kehidupan khalayak ramai saat ini. Media sosial hadir sebagai sebuah kebutuhan dalam keterpaparan informasi, kebutuhan pengetahuan, berita terbaru, dan sebagainya.

“Media sosial memiliki tiga fungsi penggunaan di masyarakat yaitu sebagai personal uses. Artinya, media sosial digunakan untuk kepentingan pribadi dalam memberikan informasi, memberikan update kegiatan pribadi, dan sebagainya,” ucapnya.

Selanjutnya, lanjut Nadya, media sosial sebagai business purposes. Artinya, media sosial digunakan sebagai media promosi bisnis dalam meningkatkan kepekaan dan ketertarikan dalam penjualan. Dan yang terakhir, sebagai personal+business purposes. Artinya, media sosial digunakan sebagai media pribadi dan kepentingan bisnis seperti influencer, artis, dan selebritas.

Manajemen Media Sosial

Narasumber yang juga alumnus Universitas Airlangga itu menambahkan bahwa pengguna media sosial harus mampu melakukan manajemen medsos yang baik. Hal ini dikarenakan beberapa alasan, di antaranya:

  1. Media sosial akan selalu merekam setiap jejak digital yang kita post di media tersebut. Sehingga konten yang diunggah tidak akan hilang.
  2. Media sosial adalah platform yang menjadikan publik dapat mengakses dan memberikan kritikan terhadap konten yang kita unggah.
  3. Menghindari kebocoran data pribadi di media sosial guna mencegah penyalahgunaan data secara sembarangan.

“Seluruh mahasiswa dan masyarakat harus bijak dalam bermedia sosial. Tidak harus semua hal diunggah di media sosial pribadi kita,” ucap Nadya.

Seseorang, kata Nadya, harus mampu menentukan prioritas konten yang dapat dikonsumsi publik dan konten yang harus dipertahankan secara pribadi. Sehingga dengan bijak dalam bermedsos dapat mencegah terjadinya penyalahgunaan yang mungkin terjadi ke depan. (*)

Penulis: Afan Alfayad

Editor: Binti Q. Masruroh