Universitas Airlangga Official Website

BPBRIN UNAIR, Dukung Inovasi dan Ide Bisnis jadi Nyata

Salah satu aktivitas Business Matching oleh BPBRIN
Salah satu aktivitas Business Matching oleh BPBRIN (Foto: website bpbrin)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga hadir untuk membantu mahasiswa mewujudkan impian menjadi pengusaha sukses melalui Badan Pengembangan Bisnis Rintisan dan Inkubasi (BPBRIN). BPBRIN hadir untuk mendukung kemandirian finansial institusi dengan menyediakan ekosistem bisnis rintisan yang mendukung mahasiswa dan peneliti UNAIR dalam skala nasional maupun internasional. Melalui program ini, UNAIR berkomitmen menciptakan lingkungan yang kondusif untuk para wirausahawan muda.

Selain menyediakan ekosistem bisnis, BPBRIN juga bergerak dalam bidang teknologi, teaching industry, science techno park, serta pengembangan dan pemasaran usaha bernilai tambah. Kantor pusat BPBRIN terletak di Gedung Kahuripan Lt 1, Kampus MERR-C UNAIR. BPBRIN telah aktif mendukung berbagai inisiatif kewirausahaan sejak terbentuk pada tahun 2020.

Sejak berdiri, BPBRIN telah melahirkan ratusan produk inovatif yang bertahan dan berkembang hingga saat ini. Salah satu misi utamanya adalah mendukung tumbuhnya produk-produk inovasi dari para inventor di UNAIR. Misi ini terbukti nyata dengan keberhasilan produk unggulannya. Salah satunya adalah TOKOUA yang merupakan platform e-commerce untuk menghubungkan inovasi UNAIR dengan pasar. Melalui TOKOUA, pengguna dapat menemukan lebih dari 100 produk inovasi karya peneliti, dosen, staf, dan mahasiswa UNAIR.

Produk-produk di TOKOUA memiliki berbagai keunggulan. Misalnya, pasta gigi Sativa yang mempercepat penyembuhan sariawan hingga Meditea dan teh herbal berbahan dasar ekstrak teh hijau yang menyehatkan. Platform ini juga terintegrasi melalui website sehingga memudahkan akses pengguna dan membuat pengalaman berbelanja menjadi lebih baik.

BPBRIN bersama para peneliti secara aktif mengikuti berbagai pameran internasional untuk memperkenalkan produk-produk inovasi UNAIR kepada dunia. Partisipasi ini mencakup berbagai pameran prestisius, seperti Lahora International Expo di Pakistan, Hannover Messe di Jerman, OIC Halal Expo di Istanbul, dan INARI Expo di Indonesia. Dengan mengikuti acara bergengsi ini, menunjukkan bahwa UNAIR siap bersaing dan berkolaborasi dalam bidang kewirausahaan, teknologi, dan investasi.

Keikutsertaan di pameran internasional menegaskan komitmen BPBRIN dalam mendukung produk lokal yang siap bersaing di pasar global. Langkah ini membuktikan bahwa BPBRIN tidak hanya bertujuan untuk membina wirausahawan muda, tetapi juga memperluas jangkauan pasar produk inovatif UNAIR secara internasional.

Penulis: Sintya Alfafa

Editor: Edwin Fatahuddin