UNAIR NEWS – Di tengah masifnya penggunaan media sosial era ini, konten menjadi salah satu hal penting yang digunakan untuk menunjukan eksistensi sebuah merek. Menyadari hal tersebut, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) menggandeng MNC Portal untuk mengadakan webinar bertajuk Optimalisasi Konten Media Sosial.
Didapuk menjadi pembicara, Rizki Gunawan, head of social media MNC Portal, menyampaikan bahwa Social Media Marketing (SMM) merupakan bagian dari digital marketing yang amat potensial. “Mengingat bahwa kebanyakan waktu kita dihabiskan untuk mengakses media sosial, maka media sosial sangat dekat dan lekat dengan kita,” sebutnya. pada webinar Sabtu (21/10/2022).
Menentukan Tujuan
Menetapkan tujuan dari SMM dapat membantu dalam menciptakan konten-konten turunan secara lebih terarah. Sebuah merek dapat secara bebas menentukan tujuan memasarkan produk melalui media sosial, yang awam digunakan diantaranya meningkatkan engagement, menambah pengikut, hingga membawa pengguna media social ke halaman yang kita inginkan.
Konten dan Produk
Ia melanjutkan, produk yang dipasarkan harus memiliki keunikan atau kelebihan yang tidak dimiliki oleh merek lain. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk membentuk brand awareness dalam pikiran audiens. Selain itu, produk yang unik juga akan membantu kinerja konten menjadi lebih baik.
“Kita tahu ungkapan content is king, tapi produk yang memiliki keunikan juga menjadi faktor pendorong dalam pembuatan konten. Produk dengan branding yang berhasil dapat menciptakan top of mind bagi audiens. Contohnya adalah merek Aqua, Indomie, dan Pampers yang bahkan berhasil menggeser kata benda air mineral, mi instan dan popok yang seharusnya disebutkan,” jelasnya.
Penyampaian Konten
Dalam webinar yang dapat disaksikan di youtube DPKKA UNAIR, Rizki menerangkan bahwa konten yang telah dibuat secara menarik dari segi visual juga harus disampaikan dengan cara yang benar. Untuk itu, rangkaian konten harus diunggah pada platform yang tepat, menggunakan caption yang interaktif, dan juga memakai tagar yang relevan. (*)
Penulis: Stefanny Elly
Editor: Nuri Hermawan