Universitas Airlangga Official Website

Gelar Workshop, Hima Manajemen Pemasaran Bagikan Kiat Sukses Bisnis di Era Digital

Dr Irmadita Citrashanty SPKK FINSDV Founder PT AIOLA Indonesia menjelaskan materi dalam National Business Workshop, Balai Pemuda Surabaya pada Sabtu (23/9/2023)(foto: panitia)
Dr Irmadita Citrashanty SPKK FINSDV Founder PT AIOLA Indonesia menjelaskan materi dalam National Business Workshop, Balai Pemuda Surabaya pada Sabtu (23/9/2023)(foto: panitia)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa (Hima) Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar National Business Workshop di Balai Pemuda Surabaya pada Sabtu (23/9/2023). Workshop itu mengusung tema “Strategi dan Peran Penting Sosial Media dalam Meningkatkan Bisnis”. Peserta workshop berkesempatan mendalami strategi dan peran penting media sosial dalam upaya meningkatkan meningkatkan performa bisnis.

Workshop tersebut menghadirkan dua pembicara dengan sudut pandang yang berbeda dalam dunia pemasaran dan media sosial. Pertama, Dimas Angga, seorang content creator di bidang kuliner dengan akun @njajantok_sby. Sementara itu, pembicara kedua adalah Dr. Irmadita Citrashanty SPKK FINSDV, sebagai Founder PT AIOLA Indonesia yang bergerak di ranah bisnis multikultur.

Sudut Pandang Influencer

Dimas memberikan penjelasan dari sudut pandang influencer. Ia membagikan tips berharga, termasuk pentingnya konsistensi dalam menciptakan konten yang berkualitas, memahami audiens, dan memanfaatkan fitur-fitur di platform media sosial.

Ia menekankan pentingnya memiliki karakter yang unik dan menjadi autentik dalam konten yang dibagikan. Ia juga memberikan wawasan strategi pemasaran khususnya pendekatan “soft Selling” yang lebih efektif dalam mempengaruhi audiens.

“Kita harus mempunyai karakter yang unik, agar penonton bisa mengingat konten-konten kita,” ujarnya. 

Dimas Angga, konten creator dengan akun @njajantok_sby menjelaskan materi dalam National Business Workshop, Balai Pemuda Surabaya pada Sabtu (23/9/2023) yang menyelenggarakan Hima Manajemen Pemasaran. (foto: panitia)
Dimas Angga, konten creator dengan akun @njajantok_sby menjelaskan materi dalam National Business Workshop, Balai Pemuda Surabaya, pada Sabtu (23/9/2023), yang menyelenggarakan Hima Manajemen Pemasaran. (foto: panitia)

Sudut Pandang Pemilik Usaha

Sementara itu, Irmadita Citrashanty memberikan perspektif dari sudut pandang seorang pemilik usaha. Ia membahas berbagai strategi digital marketing, termasuk penggunaan media sosial, optimasi pencarian, konten marketing, dan email marketing. Beberapa tips berharga tentang pengelolaan anggaran, riset segmentasi, dan analisis kontinu sebagai bagian dari Upaya pemasaran yang sukses.

Ia juga menggarisbawahi pentingnya melacak dan menganalisis data media sosial. “usahakan selalu menganalisis data media sosial agar kita mengetahui apakah sudah sesuai target atau belum, jika belum kita harus mengevaluasinya,” ungkapnya.

Workshop ini sangat berguna bagi peserta yang ingin memahami bagaimana memanfaatkan media sosial dalam dunia bisnis yang semakin terdigitalisasi. Dengan sudut pandang influencer dan pemilik usaha, peserta meninggalkan workshop ini dengan pemahaman yang lebih dalam tentang strategi pemasaran dan peran penting media sosial dalam meningkatkan bisnis.

Dr Irmadita Citrashanty SPKK FINSDV Founder PT AIOLA Indonesia menjelaskan materi dalam National Business Workshop, Balai Pemuda Surabaya pada Sabtu (23/9/2023)(foto: panitia)

Penulis: Rosali Elvira

Editor: Feri Fenoria