Universitas Airlangga Official Website

Kiat Beradaptasi di Dunia Kerja

Dewi Kurnia Salwa, VP Human Capital PT Kilang Pertamina Internasional, pada webinar yang digelar DPKKA UNAIR, Kamis (15/6/2023).
Dewi Kurnia Salwa, VP Human Capital PT Kilang Pertamina Internasional, pada webinar yang digelar DPKKA UNAIR, Kamis (15/6/2023).

UNAIR NEWS – Direktorat Pengembangan Karier, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) UNAIR menggelar webinar bertajuk Moving Froom Campus to Corporate Life pada Kamis (15/6/2023). Pada acara yang berlangsung secara daring itu, VP Human Capital PT Kilang Pertamina Internasional Dewi Kurnia Salwa, hadir sebagai pemateri. Dalam paparan materinya, Dewi banyak menerangkan mengenai beradaptasi di dunia kerja, utamanya bagi para fresh graduate. Ia menjelaskan bahwa dunia kerja memiliki kultur yang berbeda dengan dunia perkuliahan, sehingga membutuhkan penyesuaian tersendiri untuk memperlancar kinerja ke depannya.

Salah satu hal yang ditekankan oleh Dewi adalah pentingnya mempelajari kultur kerja yang berlaku di tempat kerja kita masing-masing. Dewi menerangkan bahwa kultur kerja dapat berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan lain. Sehingga penting untuk memahaminya.

Kultur Kerja yang Berbeda

Ia mencontohkan, PT Kilang Pertamina Internasional sendiri memiliki kultur kerja berupa high performance cultur yang memungkinkan karyawan yang memiliki performa tinggi untuk memperoleh kesempatan eksposur yang lebih tinggi pula.

“Kita ngga bisa bilang yang rajin dan enggak sama aja. Orang yang performanya tinggi akan mendapat perhatian yang lebih tinggi juga oleh perusahaan,” tegasnya.

Teamwork (kerja tim) menjadi hal selanjutnya yang perlu diperhatikan saat memasuki dunia kerja. Dewi menjelaskan bahwa seorang karyawan harus memiliki mental bekerja dalam tim serta mampu membuat relasi, baik secara internal maupun eksternal. Berkaitan dengan relasi, Dewi memberikan sebuah tips agar relasi yang kita jalin dapat bertahan lama.

Ada Tips

“Ketika kita mempunyai relation, jangan membuat ketika kita membutuhkan. Tapi, kita memulai relation sejak sebelum kita butuh dan itu akan lebih sustain dengan orang lain dan akan lebih membantu mempermudah pekerjaan kita,” ujar Dewi.

Hal lain yang perlu kita miliki saat memasuki dunia kerja adalah kemampuan komunikasi. “Bagaimana kita berkomunikasi dengan orang itu akan sangat mempengaruhi keberhasilan di dunia kerja karena kita akan berhubungan dengan customer kita, dengan stakeholder kita, dengan teman-teman kita. Di situ kita harus mengembangkan communication skill kita,” terang Dewi.

Di kesempatan itu, Dewi juga menegaskan pentingnya seorang karyawan untuk memiliki kemauan untuk belajar.

“Baik membaca sendiri, mengikuti seminar sendiri, atau sertifikasi sendiri itu sangat disarankan di dunia kerja karena kita tidak hanya tau keterbatasan kita tapi tahu kelebihan diri sendiri,” pungkas Dewi. (*)

Penulis: Agnes Ikandani

Editor: Binti Q. Masruroh