Universitas Airlangga Official Website

Kiat Memaksimalkan Bisnis F&B pada Digital Marketing

Sosok Umi Farichah dalam memberikan materi pada Digital Marketing: Level Up Your F&B Business” di Atrium Royal Plaza. (Foto: Novia)
Sosok Umi Farichah dalam memberikan materi pada Digital Marketing: Level Up Your F&B Business” di Atrium Royal Plaza. (Foto: Novia)

UNAIR NEWS – Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat secara tidak langsung memudahkan kehidupan manusia, salah satunya berbisnis. Melihat kondisi tersebut, D3 Manajemen Perhotelan Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan seminar bertajuk Digital Marketing: Level Up Your F&B Business. Kegiatan itu mengundang Umi Farichah Bascha sebagai pembicara di Atrium Royal Plaza pada Sabtu (3/6/2023).

Hal Penting dalam Digital Marketing 

Hal pertama yang harus kita lakukan dalam pemanfaatan digital marketing yakni pembuatan konten. Dalam pembuatan konten harus memperhatikan tujuan dari konten yang akan dibawa apakah untuk kebutuhan promosi atau menaikkan engagement. 

Selain memperhatikan tujuan dari konten, kita harus mengetahui audiens dari konten tersebut. Mengetahui audiens merupakan hal yang penting agar promosi atau pesan dapat tersampaikan yang baik kepada audiens. 

“Nah, dengan mengetahui audiens yang akan menerima promosi atau konten kita menjadi langkah efektif dalam penyampaian informasi. Jadi, teman-teman tidak bisa menyamakan konten untuk generasi baby boomers dan generasi Z,” ujar Umi Farichah. 

Kiat Membuat Konten Viral

Mengikuti tren terkini juga menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Untuk menciptakan bisnis yang terkenal. Umi Farichah mengatakan bahwa content is key, karena baginya dengan banyaknya konten dapat menarik audiens untuk tertarik pada bisnis. 

Selain update tren terkini, perlu adanya penentuan waktu dalam mengunggah konten. Dengan menentukan waktu, dapat melihat bahwa konten yang akan diunggah akan menghasilkan view atau likes yang banyak. Tentu hal ini sangat efektif dalam mempromosikan suatu bisnis atau produk. 

“Beberapa platform di sosial media telah menyediakan fitur insight untuk melihat audiens aktif di jam tertentu. Fitur ini kita manfaatkan untuk mengunggah produk, promosi atau melakukan live di Instagram,” ujar Dosen D3 Manajemen Perhotelan itu. 

DI akhir, Umi Farichah berpesan untuk para mahasiswa dapat memanfaatkan kemudahan teknologi dengan tidak takut membuka small business. Yakin bahwa usaha tersebut dapat berkembang dan menjadi besar. 

Penulis: Satrio Dwi Naryo

Editor: Khefti Al Mawalia