Universitas Airlangga Official Website

KKN UNAIR Berdayakan UMKM Lewat Sosialisasi Penjualan Digital

UNAIR NEWS – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diketahui memiliki peran yang amat besar dalam menyokong perekonomian Indonesia. Untuk mendukung perkembangan UMKM, Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Komunitas (KKN-BBK) ke-67 Universitas Airlangga (UNAIR) menyelenggarakan rangkaian kegiatan sosialisasi penjualan digital.

Desa Duwet, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, tempat dilaksanakannya KKN-BBK merupakan daerah yang potensial akan hasil tani jagung. Biasanya hasil panen jagung dijual secara langsung. Untuk meningkatkan daya jual ekonomi, maka Tim KKN menawarkan ide usaha berupa penjualan olahan keripik Jagung.

Ketua Tim KKN desa Duwet, Rayhan Kunandika Darumurti menyebutkan alasan pemilihan ide usaha ini. “Ide usaha camilan berbahan dasar jagung dipilih karena bahan baku yang tersedia, serta cara pengolahannya yang relatif mudah dan tidak memerlukan banyak biaya,” sebutnya.

Demo dan Sosialisasi

Ide ini kemudian direalisasikan dengan mengadakan demo masak olahan keripik jagung pada Senin (30/1/2023). Selain itu, juga diberikan sosialisasi mengenai pemasaran dan penjualan digital yang baik bagi UMKM. Kendati ditujukan untuk meningkatkan daya ekonomi melalui hasil tani Jagung, kegiatan ini juga dibuka bagi masyarakat yang memiliki UMKM di bidang lain.

Rangkaian acara yang diadakan oleh tim KKN bimbingan Moch Jalal SS MHum, dosen Fakultas Ilmu Budaya UNAIR ini didukung penuh oleh pemerintah daerah setempat, serta paguyuban UMKM Kabupaten Kediri.

Diharapkan, kegiatan ini dapat membawa dampak baik bagi pengetahuan serta utamanya perekonomian warga setempat. Selain dapat memberikan wawasan mengenai pengembangan strategi bisnis jangka panjang, diharapkan masyarakat setempat juga dapat melakukan penjualan produk secara digital melalui berbagai macam e-commerce.

“Semoga juga bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat desa Duwet untuk memulai usaha, serta menerapkan strategi-strategi penjualan yang dapat mengembangkan bisnis,” harap Rayhan. (*)

Penulis : Stefanny Elly

Editor : Binti Q. Masruroh