Universitas Airlangga Official Website

Kompetisi E-Sport Turut Ramaikan PIMNAS 37 UNAIR

Berlangsungnya kompetisi mobile legend pada AEC (Foto: Dok. Panitia)
Berlangsungnya kompetisi mobile legend pada AEC (Foto: Dok. Panitia)

UNAIR NEWS – Dalam rangka memeriahkan PIMNAS ke-37 di Universitas Airlangga (UNAIR), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) E-Sport menyelenggarakan Airlangga E-sport Championship (AEC). Mengangkat tema “A Step Become A Star”, AEC yang terselenggara di WTC diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia. Tujuan utama AEC adalah sebagai pengenalan perkembangan digitalisasi dengan mengenalkan bidang e-sport.

Hadyan selaku ketua pelaksana AEC menyebutkan bahwa terdapat dua perlombaan yakni Mobile Legend dan PUBG Mobile. Rangkaian acara AEC terdiri dari beberapa pertandingan, dengan sistem gugur hingga menemukan yang terbaik dan menjadi finalis. Lebih lanjut pada masing-masing kategori terpilih menjadi tiga tim terbaik untuk menjadi juara.

Hadyan mengatakan bahwa AEC dapat menjadi langkah awal untuk mengembangkan player dari kalangan mahasiswa. Perkembangan e-sport yang begitu cepat, dapat menjadi potensi sebagai lapangan pekerjaan baru. Ia menambahkan AEC dapat menjadi wadah untuk kompetisi antarmahasiswa pada tingkat nasional.

Penyerahan juara pada AEC (Foto: Dok. Panitia)
Penyerahan juara pada AEC (Foto: Dok. Panitia)

Hadyan mengungkapkan bahwa e-sport mampu meningkatkan jiwa kompetitif. “Kami tidak membatasi untuk jumlah tim kompetisi Mobile Legend namun menggunakan sistem gugur. Sedangkan kompetisi PUBG Mobile terbatas sebanyak 16 tim dengan sistem poin untuk mencari tim yang terbaik,” ungkapnya.

“Kami sangat senang, karena dapat meramaikan kegiatan PIMNAS ke-37 untuk mendukung digitalisasi melalui bidang e-sport. Kami juga berterima kasih kepada WTC e-mall surabaya yang telah menjadi sponsor, sehingga AEC dapat digelar di WAR ARENA (gaming hub space),” ucapnya.

Hadyan mengungkapkan bahwa antusiasme mahasiswa sangat tinggi dengan terselenggaranya AEC. Peserta yang dapat mengikuti AEC merupakan mahasiswa aktif dari perguruan tinggi di Indonesia, pembuktian dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). Lebih lanjut, para peserta dapat merasakan secara langsung euforia pertandingan dengan banyak penonton.

“Harapannya dengan terselenggaranya AEC dapat menciptakan bibit-bibit unggul pada lingkup e-sport, sehingga dapat menjadi pemain profesional yang mampu membanggakan baik di tingkat nasional maupun internasional. Ke depannya juga, semoga AEC dapat diselenggarakan kembali dan mampu memperkenalkan ke masyarakat mengenai e-sport yang terus berkembang,” pungkasnya.

Penulis: M. Akmal Syawal

Editor: Yulia Rohmawati