UNAIR NEWS – Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan kuliah tamu bertajuk “Managing Compensation and Benefit” secara daring pada Senin (10/4/2023). Pada kesempatan ini, Dian Novita Ningrum, selaku Corporate Human Capital Business Partner dari Sutindo Group hadir sebagai pembicara.
Berbicara tentang kompensasi dalam sebuah perusahaan, ujar Dian, tentu istilah ini bukanlah suatu hal yang asing. Kompensasi sendiri, jelasnya, merupakan suatu imbalan berupa uang maupun bukan uang yang biasanya diberikan kepada karyawan dan bermanfaat untuk menunjang kesejahteraan individu maupun keluarga dari karyawan tersebut.
Di gelaran kuliah tamu ini, Dian menyampaikan bahwa terdapat tiga strategi dari compensation, yaitu adil secara internal (Internally equitable) , kompetitif secara eksternal (Externally competitive) dan memperkuat motivasi (Reinforcing motivation). Selain itu, Dian juga menyampaikan bahwa dalam compensation, sering adanya konsep 3P.
“3P terdiri atas pay for person, pay for position dan pay for performance,” ungkap Dian dalam kuliah tamu tersebut.

Konsep 3P dalam Compensation
Pertama, pay for person, artinya pemberian remunerasi kepada seseorang berdasarkan keahlian, pendidikan, dan kompetensi. Sebagai contoh adalah adanya perbedaan gaji/tunjangan karyawan yang memiliki jenjang pendidikan SMA, D3, S1 dan seterusnya.
Melalui implementasi berupa gaji pokok, jelasnya, konsep ini diharapkan dapat memotivasi karyawan lain agar dapat memiliki keahlian maupun keterampilan khusus yang sesuai pekerjaannya agar bisa mendapat kompensasi yang sama.
Kedua, pray for position, yaitu pemberian remunerasi berdasarkan pada posisi jabatan. Hal ini juga bergantung kepada tanggung jawab dan resiko pekerjaan seorang karyawan. Untuk implementasinya sendiri, biasanya berupa tunjangan jabatan dan insentif profesi..
Ketiga pay for performance, pemberian remunerasi kepada karyawan berdasarkan pada kualitas kinerjanya. Implementasinya yaitu pemberian bonus atau insentif. Biasanya, bonus akan diberikan terhadap pencapaian target per Perusahaan dan Departemen. Konsep ini adil karena tiap karyawan dapat menerima remunerasi berdasarkan kemampuan dan kinerja.
Goals strategy compensation
Beberapa tujuan dari strategi kompensasi (compensation) menurut Dian meliputi:
Pertama, to reward employee past performance, yaitu bentuk penghargaan dengan cara membayar untuk setiap kinerja karyawan. Kedua, to attract new employee, untuk menarik karyawan baru, dengan memberikan gaji, pelatihan, pengembangan dan jalur karir. Yang terakhir yakni to remain competitives in the labor market, agar tetap kompetitif di pasar tenaga kerja, berupa anggaran pemeliharaan untuk perencanaan dari tenaga kerja itu sendiri.
Penulis: Tia Restutika
Editor: Nuri Hermawan