Universitas Airlangga Official Website

Matthew Adrian, Sosok Alumnus UNAIR yang Sukses Jadi CMO Fore Coffee

Matthew Adrian, alumnus FIB UNAIR yang jadi CMO Fore Coffee (Foto: Istimewa)
Matthew Adrian, alumnus FIB UNAIR yang jadi CMO Fore Coffee (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga (UNAIR) kembali membuktikan kualitasnya melalui salah satu alumnus yang telah berhasil menempati posisi penting. Kali ini, alumnus tersebut memiliki kiprah luar biasa dalam industri kreatif dan perkopian di Indonesia. Ialah Matthew Adrian, yang menjabat sebagai Chief Marketing Officer (CMO) Fore Coffee. Ia adalah contoh nyata dari keunggulan lulusan UNAIR yang mampu bersaing dan berprestasi di kancah nasional. Kepada UNAIR NEWS, Matthew menceritakan perjalanan karirnya yang berawal ketika lulus menjadi alumnus Fakultas Ilmu Budaya, UNAIR.

Matthew mengungkapkan bahwa masa kuliah di FIB UNAIR sangat berperan dalam membentuk cara berpikir kritis dan memahami keragaman budaya. Baginya, kemampuan berpikir kritis dan pemahaman terhadap keragaman inilah yang menjadi bekal penting untuk bersaing di pasar internasional dan menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks.

“Kuliah di FIB UNAIR memberi saya fondasi berpikir kritis dan memahami keragaman budaya dari banyaknya mahasiswa berasal dari seluruh penjuru Indonesia dan mancanegara. Ini membantu saya memiliki pandangan global, sambil tetap menghargai nilai-nilai lokal,” ungkapnya. 

Setelah menyelesaikan studinya, Matthew menghadapi tantangan besar saat harus beradaptasi dengan dunia industri yang dinamis. Menurutnya hal tersebut terjadi karena kemajuan teknologi dan dominasi generasi Gen-Z dalam dunia kreatif. Kemampuan untuk beradaptasi dan terus berinovasi, tambahnya, menjadi kunci utama dalam memberikan kontribusi signifikan di industri.

“Dunia kerja menuntut keputusan cepat dan kemampuan adaptasi tinggi. Menghadapi hal ini, saya menyadari pentingnya mengembangkan keterampilan praktis, adaptability, creativity, dan berinovasi,” jelas Matthew. 

Sebagai CMO Fore Coffee, Matthew menerapkan nilai-nilai yang ia peroleh selama kuliah di UNAIR dalam strategi pemasarannya. Ia fokus pada pendekatan yang berpikir lokal namun mampu menembus pasar internasional. 

Matthew Adrian, alumnus FIB UNAIR yang jadi CMO Fore Coffee (Foto: Istimewa)

“Saya berusaha untuk menciptakan branding yang kuat dengan pendekatan customer-centric yaitu memahami kebutuhan konsumen secara mendalam. Pendekatan ini sejalan dengan skripsi saya yang mengadopsi pendekatan new-historicism, yang telah membantu saya dalam berpikir kritis dan memiliki nilai lebih sebagai individu di dunia profesional,” paparnya. 

Dalam berkarir, alumnus FIB itu memiliki visi yang jelas untuk mengembangkan Fore Coffee menjadi brand yang lebih besar dan terkenal secara luas. Selain itu, ia terus mengeksplorasi peluang baru dan memperdalam pemahaman tentang tren industri yang selalu berubah. “Saya yakin, sebagai profesional muda, kita harus selalu berinovasi dan membawa karya yang relevan serta bernilai lebih,” ujarnya.

Matthew memberikan pesan inspiratif kepada mahasiswa dan alumnus UNAIR yang ingin terjun ke dunia pemasaran atau industri kreatif. Yakni terkait pentingnya untuk terus belajar dan terbuka terhadap perubahan. “Jangan ragu untuk berkreasi dan berinovasi, karena setiap karya kecil yang dihasilkan memiliki potensi besar untuk membawa Indonesia menjadi lebih kompetitif di panggung global,” pesannya.

Terakhir, ia juga berpesan untuk selalu berpikir di luar batas dan melakukan lebih dari yang dicita-citakan. “Jangan batasi dirimu pada ekspektasi standar. Lakukan lebih dari yang kamu cita-citakan, baik itu dalam pekerjaan, studi, atau kehidupan pribadi,” pungkas Matthew.

Penulis: Adinda Aulia Pratiwi

Editor: Yulia Rohmawati