UNAIR NEWS – Dalam rangka meningkatkan regulasi pelayanan kesehatan, Klinik Lambung Mangkurat Medical Center (LMMC) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melakukan studi banding ke Pusat Layanan Kesehatan (PKL) Universitas Airlangga (UNAIR). Acara kunjungan ke PLK UNAIR itu terlaksana pada Jumat (20/9/2024) di Ruang Kutai Martadipura, ASEEC Tower, Kampus Dharmawangsa-B UNAIR.
Studi banding tersebut dihadiri oleh beberapa delegasi dari ULM. Termasuk Prof Dr Drs Eko Suhartono MSi yang bertindak sebagai penanggung jawab Klinik LMMC. Selain itu, hadir pula Ketua PLK UNAIR, Dr Ernawaty drg MKes yang menjadi presenter dengan membawakan materi berjudul “Gambaran Umum Operasional Pusat Layanan Kesehatan”.
Permasalahan Layanan Kesehatan
Dalam sesi diskusi, perwakilan ULM memaparkan tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan layanan kesehatan mahasiswa. Seperti keterbatasan sumber daya dan regulasi yang belum optimal. Dr Erna selaku Ketua PLK kemudian juga membagikan pengalaman terkait penanganan kendala yang hampir sama dengan Klinik LMMC. “Kesehatan mahasiswa adalah prioritas utama kami. Kami selalu berusaha memberikan layanan terbaik dengan mengedepankan profesionalisme dan sistem yang terstruktur,” ujarnya
Selain itu, Dr Erna juga menekankan pentingnya inovasi dan teknologi dalam pengelolaan klinik. Perwakilan ULM pun tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang penerapan teknologi tersebut. “Kami di PLK UNAIR telah menerapkan teknologi digital untuk mendukung pelayanan kesehatan. Ini mempermudah mahasiswa dalam mengakses layanan, baik konsultasi maupun perawatan,” jelas Dr Erna.
Pengelolaan dan Fasilitas Kesehatan
Setelah diskusi, perwakilan tim ULM mengaku mendapatkan wawasan terkait manajemen pelayanan kesehatan di PLK UNAIR. Mereka belajar bagaimana UNAIR mengelola pelayanan kesehatan mahasiswa melalui sistem rekam medis digital, pengadministrasian yang baik, serta program pencegahan dan promosi kesehatan yang efektif.
“Kami sangat terkesan dengan bagaimana PLK UNAIR mengelola layanan kesehatan dengan begitu sistematis dan profesional. Ini merupakan pelajaran berharga bagi kami,” ungkap dr Iskandar Sp A, salah satu perwakilan dari LMMC ULM.
Sebagai penutup, perwakilan ULM melakukan kunjungan ke fasilitas PKL di Kampus B dan C UNAIR. Di sana, mereka melihat langsung operasional klinik yang melayani mahasiswa peserta BPJS Kesehatan. Kunjungan tersebut bertujuan memberi wawasan lebih mendalam terkait sistem pelayanan kesehatan yang efisien, fasilitas kesehatan yang memadai, dan program promosi kesehatan yang telah diimplementasikan UNAIR.
Penulis: Adinda Aulia Pratiwi
Editor: Yulia Rohmawati