Universitas Airlangga Official Website

Terapi Bermain: Memilah Pompom Warna-Warni pada Anak Pra-Sekolah di Ruang Rawat Inap Anak Bobo RSUD Dr. Soetomo Surabaya

NERS NEWS – Pada tanggal 8 Mei 2025, mahasiswa Praktik Profesi Ners Kelompok 2 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga yang terdiri dari Najwa Salamah, Yumna Raihanatu Fara Habibah Khoiry, dan Senia Meiradita Maulida, dengan pendampingan dari Ibu Nuzul Qur’aniati, S.Kep., Ns., M.Ng., Ph.D. selaku pembimbing akademik dan Ibu Shinta Narulita, S.Kep., Ns. selaku pembimbing klinik, melaksanakan kegiatan terapi bermain dengan tema “Memilah Pompom Warna-Warni” di Ruang BOBO 1 RSUD Dr. Soetomo.

Kegiatan ini ditujukan bagi anak-anak usia 3–5 tahun yang sedang menjalani perawatan dan orang tua yang mendampingi. Terapi bermain ini bertujuan untuk membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuan motorik halus, mengenal warna, berhitung, serta membangun interaksi sosial dalam suasana yang menyenangkan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menurunkan tingkat kecemasan anak selama masa perawatan di rumah sakit.

Selama sesi terapi bermain yang berlangsung pukul 09.30-10.30 WIB, anak-anak diajak untuk memilah pompom berwarna merah, biru, kuning, dan hijau ke dalam warna mangkuk yang sesuai menggunakan capit mainan. Mahasiswa ners memberikan pendampingan secara langsung, mengajarkan cara memegang capit, menyebut warna, serta cara menghitung jumlah pompom. Orang tua juga dilibatkan secara aktif dalam kegiatan ini, sehingga mereka dapat memahami manfaat terapi bermain dan belajar cara melakukannya secara mandiri di rumah.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan proses perawatan anak menjadi lebih menyenangkan dan edukatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta kegiatan mampu membedakan warna dengan tepat, berhitung dengan benar, dan mengalami peningkatan motorik halus dari mencapit pompom dengan baik. Selain itu, anak-anak juga menunjukkan antusiasme dalam berbagi dan berinteraksi dengan mahasiswa. Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk nyata kontribusi mahasiswa keperawatan dalam memberikan pelayanan holistik yang tidak hanya berfokus pada aspek fisik, tetapi juga psikososial anak selama menjalani hospitalisasi. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara rutin sebagai bagian dari terapi suportif di lingkungan rumah sakit.

 

Penulis : Yumna (Mahasiswa Kelompok 2 Profesi Ners RSDS)
Editor : Alina Ramadani (Airlangga Nursing Journalist)