Universitas Airlangga Official Website

Kelompok 2 Mahasiswa Profesi Ners Mengajak Terapi Bermain Pada Anak Usia Pra Sekolah “Kotak Ajaib” di IRNA 4 Pediatri Rumah Sakit Universitas Airlangga

NERS NEWS – Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Ners Reguler Angkatan 2021 Kelompok 2 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga sukses melaksanakan kegiatan terapi bermain dalam stase Keperawatan Anak yang bertempat di ruangan IRNA 4 Pediatri Rumah Sakit Universitas Airlangga pada Jumat (09/05/2025) dengan tema mari menebak kotak ajaib.

Kegiatan terapi bermain dilakukan kepada anak usia prasekolah yang sedang menjalani proses pengobatan di Ruang Rawat Inap Pediatri Rumah Sakit Universitas Airlangga dan didampingi oleh orang tua masing masing anak. Pada terapi bermain yang dilakukan adalah menebak benda yang terdapat dalam kotak ajaib dengan mata tertutup. Bermain sangat penting bagi mental, emosional, dan kesejahteraan anak seperti kebutuhan perkembangan dan kebutuhan bermain tidak juga ikut terhenti pada saat anak sakit atau anak di rumah sakit. Pemilihan permainan kotak ajaib di dalam terapi permainan ini karena dapat menstimulasi perkembangan bahasa anak terutama dalam berbicara, bercerita dan penambahan kosakata untuk anak serta mengurangi dampak hospitalisasi tentunya.

Magic box adalah kotak ajaib atau kotak misteri yang berbentuk kubus yang ukurannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak tembus pandang. Dinamakan magic box karena permainan ini terbuat dari kardus yang berbentuk kotak, sedangkan misteri karena pada saat kotaknya ditutup, anak tidak dapat mengetahui benda apa yang ada di dalam kotak tersebut. Setelah tutupnya dibuka, baru anak mengetahui benda yang ada didalam kotak, oleh sebab itu dinamakan kotak ajaib/misteri.

Dampak terapi bermain kotak ajaib terhadap anak sangat signifikan, terutama dalam aspek emosional dan psikologis. Melalui proses eksplorasi bebas terhadap berbagai benda yang ada di dalam kotak, anak dapat mengekspresikan perasaan, pikiran, dan pengalaman yang mungkin sulit disampaikan secara verbal. Terapi ini memberikan ruang yang aman bagi anak untuk mengeluarkan kecemasan, ketakutan, bahkan kemarahan yang tersimpan Selain itu, terapi ini juga membantu meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan sosial anak karena mereka merasa didengar dan dihargai dalam proses bermain. Secara keseluruhan, terapi bermain kotak ajaib berkontribusi positif terhadap kesejahteraan mental anak dan dapat menjadi alternatif efektif dalam mendampingi anak yang sedang mengalami tekanan psikologis atau trauma ringan.

Kurangnya stimulasi dapat menghambat perkembangan pada anak, meskipun anak sedang dalam masa sakit atau perawatan. Dari kegiatan ini diharapkan meningkatkan kesadaran orang tua akan pentingnya stimulasi pada anak, agar meningkatkan tumbuh kembang anak.

 

Penulis: Nesti Meiviarani
Editor : Nasya Puspita A (Airlangga Nursing Journalist)