Universitas Airlangga Official Website

Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR: Mewujudkan Blue Economy untuk Kesejahteraan Indonesia

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga (UNAIR) adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang didirikan pada tanggal 25 Juli 2008. Fakultas ini memiliki beberapa laboratorium penelitian dan analisis sampel yang dikenal secara nasional dan internasional. Laboratorium-laboratorium tersebut adalah Laboratorium Mikrobiologi dan Kesehatan Ikan, Laboratorium Basah, dan Laboratorium Kimia.

Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR memiliki slogan untuk mewujudkan blue economy untuk kesejahteraan Indonesia. Hal ini dapat dicapai dengan mengembangkan ilmu perikanan dan kelautan melalui penelitian, pelatihan, dan analisis sampel yang bermanfaat bagi masyarakat, sesuai dengan moral agama.

Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR menawarkan beberapa program studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa, yaitu S1 Akuakultur, S1 Akuakultur Sikia, S1 Teknologi Hasil Perikanan, S2 Bioteknologi Perikanan dan Kelautan, serta S2 Ilmu Perikanan. Setiap program studi memiliki kurikulum yang dikembangkan secara khusus untuk memastikan bahwa mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan bidang perikanan dan kelautan.

Program studi S1 Akuakultur dan S1 Akuakultur Sikia akan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi ahli dalam bidang budidaya ikan dan udang. Selain itu, program studi S1 Teknologi Hasil Perikanan akan membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan produk perikanan dan kelautan. Sementara itu, program studi S2 Bioteknologi Terikanan dan Kelautan dan S2 Ilmu Perikanan akan mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi ahli dalam bidang penelitian dan pengembangan ilmu perikanan dan kelautan.

Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR menawarkan lingkungan belajar yang kondusif bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi mereka. Selain itu, fakultas ini juga memiliki tenaga pengajar yang terampil dan berpengalaman dalam bidang perikanan dan kelautan. Mahasiswa juga akan mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam penelitian dan pengembangan ilmu perikanan dan kelautan yang sedang dilakukan oleh laboratorium-laboratorium di fakultas ini.

Jadi, bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan bidang perikanan dan kelautan, Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR adalah pilihan yang tepat. Dengan program studi yang beragam, lingkungan belajar yang kondusif, dan tenaga pengajar yang terampil, mahasiswa akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan siap untuk menjadi ahli dalam bidang perikanan dan kelautan.

Tak hanya itu, Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Mahasiswa dapat bergabung dalam organisasi mahasiswa yang berkaitan dengan bidang perikanan dan kelautan, Himpunan Mahasiswa Akuakultur (HIMAKUA) dan Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan (HIMATEKHIKAN).

Selain itu, fakultas ini juga memiliki program magang yang dapat membantu mahasiswa dalam memperoleh pengalaman kerja di bidang perikanan dan kelautan. Program magang ini dilaksanakan dengan kerjasama bersama dengan perusahaan atau lembaga yang berkaitan dengan bidang perikanan dan kelautan.

Bagi lulusan Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR, terdapat berbagai peluang karir yang dapat diambil. Lulusan program studi S1 Akuakultur dan S1 Akuakultur Sikia dapat bekerja di perusahaan perikanan atau udang, sedangkan lulusan program studi S1 Teknologi Hasil Perikanan dapat bekerja di industri pengolahan produk perikanan dan kelautan. Sementara itu, lulusan program studi S2 Bioteknologi Terikanan dan Kelautan dan S2 Ilmu Perikanan dapat bekerja di lembaga penelitian atau pengembangan ilmu perikanan dan kelautan.

Dengan demikian, Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR dapat menjadi pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang ingin mengembangkan karir di bidang perikanan dan kelautan. Dengan program studi yang bervariasi, lingkungan belajar yang kondusif, tenaga pengajar yang terampil, dan kesempatan untuk mengembangkan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler dan program magang, mahasiswa akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan siap untuk menghadapi dunia kerja di bidang perikanan dan kelautan. Mewujudkan blue economy untuk kesejahteraan Indonesia dapat terwujud melalui kaderisasi di fakultas ini.

Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR juga terus mengembangkan kerjasama dengan lembaga atau perusahaan yang berkaitan dengan bidang perikanan dan kelautan, baik di dalam maupun luar negeri. Hal ini dilakukan agar para mahasiswa mendapatkan pengalaman dan wawasan yang lebih luas mengenai bidang perikanan dan kelautan. Beberapa kerjasama yang telah dilakukan antara lain dengan Universitas Negeri Papua, Universitas Brawijaya, dan perusahaan perikanan PT. Putra Tirtamas Megah.

Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR juga aktif dalam penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang perikanan dan kelautan. Beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan antara lain mengenai pemanfaatan limbah ikan untuk pembuatan pupuk organik, pengembangan teknologi pengolahan ikan asin, dan studi mengenai ekosistem terumbu karang di wilayah pesisir.

Selain itu, fakultas ini juga memberikan layanan analisis sampel untuk masyarakat, seperti analisis kualitas air dan analisis kandungan gizi pada produk perikanan. Layanan ini dapat membantu masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai kualitas air atau gizi pada produk perikanan yang dikonsumsi.

Dalam upaya memperkuat kualitas pendidikan, Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR juga terus melakukan pengembangan kurikulum dan meningkatkan kompetensi tenaga pengajar. Fakultas ini juga memperluas sarana dan prasarana pendidikan, seperti laboratorium, perpustakaan, dan gedung perkuliahan yang modern dan representatif.

Dengan semua upaya yang dilakukan, Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR telah terbukti mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR dan program studi yang ditawarkan, Anda dapat mengunjungi situs web resmi fakultas atau menghubungi pihak kampus untuk informasi lebih lanjut. Mewujudkan blue economy untuk kesejahteraan Indonesia dimulai dari Fakultas Perikanan dan Kelautan UNAIR.