FTMM UNAIR – Surabaya sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur memiliki tingkat pertumbuhan kendaraan pribadi yang sangat pesat. Hal ini tentu menjadi masalah utama bagi pemerintah daerah, dalam upaya menurunkan tingkat kemacetan di jalan raya. Menurut laporan resmi dari INRIX Global Traffic Score tahun 2022, Surabaya ditetapkan sebagai kota termacet nomor 2 di Indonesia. Salah satu titik yang rawan terjadi kemacetan ialah persimpangan jalan.
Dengan sistem pengaturan lampu lalu lintas yang menerapkan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), pengaturan lampu lalu lintas ditentukan secara waktu tetap (Fixed Time) (Ibrahim dkk, 2020). Meskipun penerapan MKJI telah dilakukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia, masih terdapat beberapa kekurangan. Kekurangan dari metode MKJI adalah data yang tidak diperbaharui secara berkala. Apabila sewaktu-waktu ada perubahan jumlah kendaraan pada ruas jalan secara signifikan dan tidak ada pembaharuan data maka akan menimbulkan waktu antrean yang semakin lama. Sebuah inovasi pada sistem otomatisasi tentunya dibutuhkan agar mampu menyesuaikan pengaturan waktu nyala lampu lalu lintas sesuai dengan kepadatan lalu lintas pada suatu ruas jalan.
Indonesia sudah mulai mengembangkan inovasi Auto Traffic Control System untuk mengatur lalu lintas secara efektif yang terhubung dengan pengaturan di Area Traffic Control System secara real-time. Menurut (Kurniati, 2019), Area Traffic Control System (ATCS) adalah sistem kontrol traffic light yang memanfaatkan teknologi informasi di suatu ruas persimpangan jalan yang memiliki tujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengatur lampu lalu lintas, dan terhubung secara langsung dengan saluran komunikasi antara controller di lapangan dengan komputer di pusat pengatur atau Central Control System Room.
Penelitian yang dilakukan oleh (Qiong dkk, 2018) dengan judul “The Intelligent Control System of Traffic Light” memiliki tujuan untuk membangun sistem traffic light yang cerdas dengan cara menghitung kendaraan yang masuk dan keluar persimpangan menggunakan sensor yang dipasang dipinggir jalan. Sistem kontrol cerdas traffic light ini menggunakan metode komputasi kabut untuk memperoleh dan berbagi data arus lalu lintas real-time dari persimpangan jalan melalui server yang terhubung satu sama lain. Terdapat tiga modul yang menyusun sistem kontrol cerdas lampu lalu lintas berdasarkan komputasi kabut, yaitu Modul Data Acquisition, Modul Server Kabut, dan Modul Kontrol Lampu Lalu lintas. Dengan mempertimbangkan efek antara setiap persimpangan dalam jaringan lalu lintas dan mengkoordinasikan waktu pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan, sistem ini mampu meminimalisir tekanan lalu lintas.
Dengan adanya Auto Traffic Control System Traffic Light ini, diharapkan memiliki dampak besar bagi para pengguna jalan karena mampu menyesuaikan pengaturan waktu lampu lalu lintas secara otomatis. Hadirnya Inovasi Auto Traffic Control System Traffic Light ini diharapkan mampu untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jalan dalam berkendara terlebih mengingat panasnya Kota Surabaya. Adapun manfaat lain yang diperoleh para pengguna jalan dengan adanya inovasi ini ialah inovasi ini dapat meningkatkan efisiensi manajemen lalu lintas dengan menyesuaikan pengaturan waktu lampu lalu lintas. Dan tentunya inovasi ini dapat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas dan meminimalkan waktu tunggu di persimpangan.(ibn/and)
Penulis : Ibnu Sofyan, Mahasiswa Teknik Elektro Angkatan 2022
Referensi
Ibrahim, M. H., Tritoasmoro, I. I., & Novamizanti, L. (2020). Implementasi Sistem Kontrol Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Suara Sirene Pada Arduino. eProceedings of Engineering, 7(2).
INRIX. (2022). Inrix 2022 Global Traffic Scorecard. inrix.com. Diakses pada 28 Maret 2022, dari https://inrix.com/scorecard-city-2022/?city=Surabaya&index=174
Kurniati, N. L. W. R. (2019). Optimisasi Kinerja Area Traffic Control System (ATCS) di Kota Balikpapan. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 21(2), 155-164.
Wu, Q., He, F., & Fan, X. (2018). The intelligent control system of traffic light based on fog computing. Chinese Journal of Electronics, 27(6), 1265-1270.