Universitas Airlangga Official Website

Konsultan SEO, Bisnis Informasi Masa Kini Menjadi Peluang Kerja yang Menjanjikan

VOKASI – Konsultan SEO menjadi salah satu bidang bisnis informasi yang lagi banyak dicari dan mempunyai peluang yang lebar.

Pada era society 4.0 seperti masa sekarang ini merupakan suatu wujud transformasi komperhensif dari seluruh aspek produksi pada industri dengan penggabungan teknologi digital dan internet.

Kemajuan teknologi yang pesat membuat berubahnya peta persaingan industri, hal tersebut juga mempengaruhi terbukanya pasar global yang membuka peluang beberapa pelaku bisnis.

Bisnis pada bidang informasi merupakan suatu pilihan yang tepat untuk memulai suatu usaha, melihat pada masa sekarang ini teknologi informasi telah menunjang semua kegiatan manusia.

Bisnis konsultan SEO salah satu contohnya, bisnis ini bergerak pada bisnis bidang informasi yang memiliki cara kerja,

untuk meningkatkan peringkat suatu perusahaan pada mesin pencarian atau search engine.

KONSULTAN SEO

SEO sendiri adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization dimana hal tersebut digunakan untuk meningkatkan visibilitas serta lalu lintas website suatu perusahaan.

Konsultan SEO merupakan seseorang yang memiliki keahlian tentang cara kerja mesin pencari serta hal yang diperlukan untuk meningkatkan peringkat website,

Dan berpengalaman dalam bidang pemasaran online yang dapat memberikan suatu saran kepada pelanggan untuk memberikan strategi SEO terbaik,

dengan tujuan agar website memiliki lebih banyak audiens.

Selain memberikan saran tentang bagaimana strategi SEO yang digunakan hal yang dilakukan SEO antara lain:

Pertama, selalu mengikuti dan mengetahui tren bidang SEO yang terbaru.

Kedua, menganalisis serta meriset kata kuncin yang relevan dan memiliki potensi yang tinggi untuk mencapai target.

Ketiga, pengoptimalan konten website klien dengan memberikan panduan penggunaan kata kunci yang benar.

Keempat, menganalisis struktur konten dan penggunaan tag.

Kelima, dapat mengoptimasi masalah teknis yang terjadi pada website.

Keenam, dapat menganalisis kompetitor klien yang telah mencakup tentang identifikasi kelebihan serta kelemahan,

Terakhir, analisis kata kunci serta strategi SEO kompetitor.

Bisnis ini tergolong dalam bisnis yang masih jarang digeluti,

akan tetapi bisnis ini dapat dikatakan memiliki peluang yang besar melihat pada situasi sekarang ini telah banyak perusahaan-perusahaan yang telah melakukan website development.

Tidak hanya perusahaan saja, namun bisnis kecil seperti UMKM juga telah mulai menjangkau ranah teknologi untuk pengembangannya.

Kemampuan media internet dalam menjangkau pasar secara global sangat membantu perusahaan dalam memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan.

Penggunaan platform digital marketing seperti website yang digunakan sebagai strategi pemasaran untuk mempromosikan suatu produk atau jasa menjadi sangat penting.

Website selain dapat meningkatkan citra dari perusahaan, manambah nilai brand awareness juga sebagai sarana mencari informasi dalam mencari produk atau jasa yang ditawarkan bagi pelanggan dan calon pelanggan (Hadiana, 2018).

Sehingga dapat dikatakan banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan media internet untuk melakukan promosi,

akan tetapi kembali mengingat pada era sekarang ini persaingan memanfaatan teknologi  dalam hal memasarkan produk atau jasa semakin ketat,

sehingga dibutuhkan strategi SEO yang tepat untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Sumber referensi :

Utari, T. (2022). Pengembangan Search Engine Optimization (SEO) pada Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. International Journal of Demos4, 677-685.

Purnomo, D., Rakhmadani, D. P., Lubis, M. R. H., Arum, M. P., & Purbaya, M. E. (2022). Optimisasi Kata Kunci SEO Untuk Peningkatan Pemasaran Digital. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis9(1), 8-15.

Ozora Antari. (2021). Konsultan SEO Profesional, Berpengalaman dan Terpercaya. Diakses pada 5 Juni 2023, dari https://www.jojonomic.com/blog/konsultan

***

Penulis: Firda Cahya

Editor : Tim Branding Fakultas Vokasi Universitas Airlangga 2023