Universitas Airlangga Official Website

Mahasiswa Kedokteran Hewan FIKKIA Bagikan Pengalaman Magang Mandiri di Keswan Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi

KABAR FIKKIA – Magang merupakan media seseorang mencari pengalaman dan pengetahuan nyata di tengah realitas kehidupan pekerjaan. Magang juga menjadi catatan penting yang sebagai salah satu keterampilan yang dilihat oleh recruiter. Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Universitas Airlangga (UNAIR) Banyuwangi memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk bebas mencari pengalaman magang. Baik dalam lingkup magang yang terhimpun dalam SKS seperti PKL, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dalam program MBKM, ataupun magang mandiri yang diajukan oleh mahasiswa. Seluruh mahasiswa dari berbagai program studi FIKKIA Banyuwangi diperbolehkan magang dengan persyaratan mengajukan perizinan terlebih dahulu kepada pihak program studi ataupun fakultas.

Magang di Bidang Kesehatan Hewan

Pengalaman magang mandiri datang dari mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran Hewan FIKKIA. Terdapat 3 mahasiswa angkatan 2020 yang melakukan magang mandiri di Divisi Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi. Mereka adalah Dhenatra Rifqy Prasetyo, Ma’rifatunnisa’romadhona, dan Muhammad Riesta Farhan. Pada periode 2023, selama 5 minggu mereka ukut serta bersama dinas dalam menangani kasus lapangan bidang klinik ternak besar. Menurut kelompok itu mengikuti magang mandiri bukanlah hal yang sulit dilakukan. Mereka harus menyusun itenerary yang nantinya diajukan ke dinas. Apabila sudah mendapatkan persetujuan, mereka akan diarahkan ke inseminator untuk mengikuti kegiatan lapangan.

Pendampingan pemeriksaan rektal sapi milik warga. Foto: Istimewa

Lewat kegiatan magang mandiri itu, mereka dapat belajar secara langsung dalam eksplorasi rektal dan inseminasi buatan pada kasus ditengah masyarakat Banyuwangi. Bagi mereka, keuntungan magang di dinas pertanian dan pangan adalah pengalaman terhadap penanganan kasus di lapangan khususnya ternak besar. Serta mendapatkan kemampuan berinteraksi dengan masyarakat sekitar yang memiliki kebudayaan dan adat yang berbeda.

Konversi Kegiatan Menjadi SKS

Melalui implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, mereka berkesempatan mengubah kegiatan magang mandiri tersebut menjadi SKS perkuliahan. Konversi mata kuliah ilmu kebidanan dan kemajiran (IKK) veteriner II berhasil mereka dapatkan. Sebab pada mata kuliah berisi praktikum salah satu materi yang mewakili untuk dikonversi dalam kegiatan palpasi rektal dan pemeriksaan alat kelamin dari sapi. Perlu diperhatikan, mekanisme konversi dapat berubah menyesuaikan peraturan yang berlaku setiap waktu. Mahasiswa wajib berkonsultasi dengan dosen wali, dosen mata kuliah terkait, dan dosen konversi untuk mendapatkan kepastian konversi program kegiatan. Sehingga mahasiswa dapat melakukan konversi kegiatan melalui MBKM dalam Cybercampus V.2 melalui pendaftaran kegiatan melalui kemahasiswaan fakultas.

Penulis: Azhar Burhanuddin

Editor: Avicena C. Nisa