Universitas Airlangga Official Website

Pengabdian Masyarakat : Internasional Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia Peminatan Industri Kreatif.

Pengabdian Masyarakat – Internasional Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia Peminatan Industri Kreatif.

Publik Speaking untuk Pengembangan personal Branding

untuk guru-guru Sekolah Indonesia Singapura.

Berita UNAIR Pascasarjana,Rabu 22 Februari 2023  – Konsitensi terhadap semangat memberi kotribusi terbaik bagi bangsa dan dunia ditunjukkan oleh Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia, Peminatan Industri Kreatif, Sekolah Pascasarjana UNAIR, yang pada hari jumat dan sabtu, 17 – 18 Februari 2023 melaksanakan program pengabdian masyarajat pada skala internasional di Singapura. Tim yang beranggotakan Dr Santi Isnaini dan Dina Septiani, PhD ini terbang ke Singapura untuk melakukan program pengabdian dengan bentuk workshop di Sekolah Indonesia Singapura (SIS). Workshop ini memfokuskan pada pelatihan public speaking sebagai cara pengembangan personal branding bagi guru-guru SIS.

Dr.Santi Isnaini, MM. yang merupakan ketua peminatan Industri Kreatif PSDM Sekolah Pascasarjana yang menjadi salah satu narasumber dalam acara tersebut membuka dengan, “Semua orang pasti memiliki rasa takut untuk bicara di depan umum, apalagi untuk pertama kalinya, akan tetapi kesemuanya dapat dikalahkan dengan kunci utama yaitu persiapan dan Latihan,”. Dirinya memahami bahwa guru-guru SIS pasti sudah punya persiapan, tapi saat menghadapi audiens yang berbeda, bisa jadi diperlukan persiapan tambahan. “Apalagi guru SIS membawa nama negara, tidak hanya sebagai guru atau SIS, tapi nama Indonesia,” imbuh dosen departemen Komunikasi FISIP Unair ini.

Selain pelatihan public speaking, workshop ini juga melatih guru SIS dalam pengembangan personal branding. Pentingnya personal branding ini disampaikan oleh pengajar peminatan Industri Kreatif yang juga kepala bidang internasional di Airlangga Global Engagement Universitas Airlangga, Dina Septiani, Ph.D. “tantangan global dan masifnya penggunaan media sosial menunjukkan pentingnya personal branding bagi smeua orang, apalgi guru SIS” ujar pengajar di Government Transformation Academy – Kementrian Kominfo ini. “Setiap orang memilih dan menentukan personal branding seperti apa yang dia inginkan dan dia munculkan” ujar peneliti di Center for Strategic & Creative Communications Sekolah pascasarjana Unair ini.

Pelatihan ini menjadi sangat relevan karena menurut yenny Dwi Maria, kepala Sekolah Indonesia Singapura, SIS memiliki posisi strategis karena sebagai sekolah yang berkurikulum Indonesia, secara geografis berada di jantung perdagangan, bisnis dan keuangan internasional. “Sehingga, setiap guru dan staf SIS tidak hanya membawa branding sebagai diri mereka tapi juga sebagai guru SIS dan nama Indonesia”. Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura, IGAK Satrya Wibawa, PhD menyatakan pengmas yang diselenggarakan oleh sekolah pasca sarjana ini menjadi kontribusi penting dalam pengembangan Kerjasama antar negara sekaligus untuk menunjukkan peran sekolah Pasca di masyararakat secara umum. “Pengmas ini salah satu hasil kunjungan dan dialog pimpinan Pasca beberapa waktu lalu ke KBRI. Pada prinsiopnya KBRI siap mendukung semua kegiatan yang membawa manfaat bagi Indonesia, “ jelas Satrya.

Pengmas in dilaksanakan selama dua hari dengan metode ceramah pada hari pertama dan praktek pada hari kedua berupa pemyampaian elevator pitch, yakni metode penyampaian informasi selama durasi elevator berjalan, selama kurang lebih 30 detik. Penyampaian elevator pitch ini menjadi kunci penyampaian informasi mengenai personal branding dari guru-guru SIS.

Follow Sosial Media Sekolah Pascasarjana Unair =
(Instagram, YouTube, Facebook, LinkedIn, Twitter, Spotify, TikTok)
https://pasca.unair.ac.id/digital-platform/