UNAIR NEWS – Sekolah Pascasarjana, Universitas Airlangga menggelar seminar Airlangga Forum terkait kiat sukses berkarir melalui media sosial dalam karir digital pada Jumat (22/12/2023). Acara itu berlangsung secara hybrid di Ruang Majapahit Lantai 5, Gedung ASEEC Tower, Kampus Dharmawangsa-B dan online melalui kanal Zoom Meeting.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu edisi spesial dari Hubungan Masyarakat dan Informasi, Sekolah Pascasarjana. Pada kesempatan itu, Dr Santi Isnaini S Sos MM selaku Ketua Peminatan Industri Kreatif dan Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia Sekolah Pascasarjana UNAIR hadir sebagai pembicara.
Ia memaparkan bahwa untuk berkarir dalam dunia digital, perlu adanya kreativitas dan inovasi untuk mengembangkan personal branding terlebih dahulu. Tanpa adanya value diri yang berkesan, maka seseorang tentu akan kesulitan untuk bersaing di dunia digital.
“Saya rasa, dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang begitu pesat, tak jarang seseorang akan berlomba untuk berkarir di dunia digital. Dalam hal ini, media sosial dapat bermanfaat untuk sarana dalam mempromosikan atau mengembangkan value diri,” ujar Dr Santi.
Influencer dalam Dunia Kreatif
Lebih lanjut, ia menerangkan peran influencer dalam industri kreatif. Influencer sendiri merupakan seorang yang mencoba memberikan contoh atau mengajak audiens untuk melakukan atau mempengaruhi pikirannya. Dalam industri ini, influencer harus berpikir dahulu sebelum bertindak atau melontarkan perkataan ke media sosial..
“Influencer itu seperti namanya ya, berarti kan berupaya untuk mempersuasi audiens supaya terpikat dengan apa yang disampaikannya. Informasi yang tersampaikan memiliki tujuan yang berbeda, seperti mengajak atau mendorong audiens untuk melakukan suatu tindakan” ujarnya.
“Jika sudah mencapai tingkatan perilaku maka itu sudah tatarannya tinggi. Influencer dapat mendorong seseorang melakukan apa yang tidak dilakukan sebelumnya atau bahkan sebaliknya. Namun, biasanya pada tingkatan rendah influencer hanya mengajak seseorang untuk menyukai sesuatu hal tanpa bermaksud untuk mengubah perilaku,” jelasnya.
Strategi Memanfaatkan Media Sosial
Selanjutnya, ia memaparkan bagaimana peran media sosial dalam mengubah dinamika karir dalam bidang industri kreatif. Sejatinya, dalam industri kreatif seseorang membutuhkan awal sebelum memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk berkarir.
“Perkembangan teknologi dan informasi yang ada saat ini sehingga media yang digunakan untuk para mahasiswa itu menjadi berubah. Penggunaan media sosial dalam berkarir di dunia digital membutuhkan bekal awal untuk memanfaatkannya,” tuturnya.
“Bekal awal yang pertama adalah pengenalan potensi diri atau self awareness. Kita harus mengenali potensi diri dan value kita sebelum terjun ke dunia industri kreatif. Kemudian, kita dapat memilih media sosial yang sesuai dengan potensi diri yang kita miliki, entah instagram, facebook, twitter, dan lain-lain,” pungkasnya.
Penulis: Christopher Hendrawan
Editor: Nuri Hermawan