S1 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Friday, 27 March 2020 10:00

Deskripsi Program Studi

Nama Program

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (Terakreditasi)

Gelar

Sarjana Teknik (S.T.)

Durasi

4 tahun (8 semester)

Syarat

SMA IPA dan SMK yang relevan

Lokasi Kampus

Kampus C Universitas Airlangga, Mulyorejo, Surabaya

Gedung Nanizar Zaman Joenoes

Fakultas

Sekolah Teknologi Maju dan Multidisiplin

School of Advanced Technology and Multidisciplinary

Fasilitas

  1. Laboratorium Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence Laboratory)
  2. Laboratorium Sistem Fisik-Siber (Cyber Physical System Laboratory)
  3. Laboratorium Robotika Lanjut (Advanced Robotics Laboratory)
  4. Laboratorium Komputer (Computer Laboratory)
  5. Laboratorium Fisika Dasar (Basic Physics Laboratory)

Visi

Pada tahun 2035 menjadi program studi sarjana Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan yang inovatif, unggul, dan terkemuka tingkat nasional dan internasional, serta berperan dalam aktif dalam usaha mensejahterakan bangsa berdasar moral agama.

Misi

  1. Mempersiapkan lulusan yang mampu mengembangkan metode kecerdasan buatan pada sistem fisik-siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous) pada aplikasi industri secara luas.
  2. Mengembangkan penelitian baik dalam pengembangan metode dan implementasi kecerdasan buatan pada sistem fisik-siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous) yang berorientasi pada aplikasi di dunia industri secara luas.
  3. Membantu memecahkan permasalahan yang terjadi di masyarakat terutama lembaga pemerintah dan industri pada bidang Robotika dan Otomasi serta bidang Kecerdasan Buatan.
  4. Membangun jejaring kerjasama dengan pemangku kepentingan baik pemerintah dan industri maupun institusi lain di tingkat nasional dan internasional dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Mengapa belajar Robotika dan Kecerdasan Buatan?

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi secara pesat membawa dunia tiba di era sekuens revolusi industri 4.0. Ini membuat proses industri tidak hanya terbatas pada otomasi berbasis komputer, tetapi mulai beranjak menuju sistem siber fisik yang kompleks dengan melibatkan Internet of Things (IoT), cloud computing, dan cognitive computing.

Menjawab tantangan yang semakin kompleks ini, perpaduan ilmu multidisiplin menjadi fenomena yang tak terhindarkan untuk dieksplorasi. Robotika merupakan salah satu disiplin ilmu yang lahir dari gabungan beberapa bidang ilmu seperti sistem mekanika, elektronika, dan komputer. Di sisi lain kecerdasan buatan sebagai suatu disiplin ilmu komputer mempunyai aplikasi yang luas untuk pendukung pengambilan keputusan. Program studi ini fokus pada pengembangan integrasi antara robotika dan kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem yang cerdas (autonomous) yang dapat diaplikasikan di berbagai bidang. 

 

Apa yang dipelajari di program studi Teknik robotika dan Kecerdasan Buatan?

Kemampuan (skill) dan pengetahuan (knowledge) yang akan dipelajari pada program ini mencakup sains dasar (terutama matematika dan fisika), teknologi informasi seperti algoritma, pemrograman, jaringan komputer dan IoT, dasar dari sistem siber-fisik (mekatronika, elektronika, sistem kontrol dan otomasi, sistem embedded), desain dan aplikasi robotika dan kecerdasan buatan serta integrasinya, metodologi penelitian, kewirausahaan, serta komunikasi profesional.

 

Mengapa memilih belajar Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan di Universitas Airlangga?

 

  • Kuat di Konsep Hingga Level Aplikasi

 

Sistem pembelajaran mengusung pendalaman konsep yang terintegrasi dengan praktikum sehingga memudahkan mahasiswa untuk memahami konten yang diajarkan.

 

  • Prospek Karir Luas dan Menjanjikan

 

Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan bidang multidisiplin yang mempelajari gabungan dari beberapa bidang ilmu sehingga memiliki prospek karir tidak hanya di bidang ini saja, tetapi juga di bidang lain yang terkait.

 

  • Kurikulum Up-to-Date yang Mengusung “Excellence with Morality

 

Kurikulum Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan didasarkan pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan standar nasional pendidikan tinggi Indonesia, serta sudah mengimplementasikan kebijakan terbaru dari Kampus Merdeka (tersedia opsi untuk belajar di luar kampus) yang berbasis moral agama. Sehingga lulusan program studi ini memiliki kualifikasi yang sama dengan lulusan dari negara-negara lain, terutama ASEAN.

 

Apa saja kesempatan karir yang dapat diraih?

Kesempatan karir yang dapat diraih setelah menyelesaikan program sarjana Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Universitas Airlangga antara lain sebagai berikut:

  1. Lulusan mampu berkarir sukses sebagai tenaga ahli di bidang Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, seperti: tenaga ahli otomasi industri, tenaga ahli kecerdasan buatan, tenaga ahli robotika, tenaga ahli pengaplikasian komputer tertanam/ embedded system dan tenaga ahli pengembang perangkat lunak
  2. Lulusan dapat menyelesaikan studi lanjut baik jalur akademik maupun profesi
  3. Lulusan dapat berwirausaha dengan sukses dan menjadi manajer proyek pada bidang teknik robotika dan kecerdasan buatan
  4. Lulusan dapat bekerja di bagian riset dan pengembangan (R&D) di institusi, lembaga dan perusahaan

Kompetensi Lulusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan

  1. mampu memanfaatkan sains dasar, teknologi informasi, dan dasar sistem fisik-siber (cyber physical system) untuk mengembangkan metode kecerdasan buatan pada sistem fisik-siber (cyber physical system) yang otonomi (autonomous)
  2. mampu menganalisis sistem robotika dan permasalahan di dunia industri secara luas
  3. mampu mengembangkan metode kecerdasan buatan sebagai implementasi lanjut dari ilmu komputer sesuai dengan aplikasinya
  4. mampu merancang dan menjalankan penelitian pada bidang Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan dengan metodologi yang benar
  5. mampu mendesain dan mengimplementasikan konsep kecerdasan buatan pada sistem fisik-siber (cyber physical system)
  6. menguasai konsep teoritis sains dasar dan teknologi informasi yang terkait dengan desain dan aplikasi Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan
  7. menguasai konsep teoritis dasar sistem fisik-siber (cyber physical system)
  8. menguasai konsep teoritis robotika
  9. menguasai konsep teoritis kecerdasan buatan
  10. menguasai konsep teoritis metodologi penelitian
  11. menguasai konsep teoritis kewirausahaan dan komunikasi.

 

Kontak

Kampus C Mulyorejo, Surabaya – 60115, Indonesia

Telp. +62-031-5914042, 5914043, 5915551

Fax. +62-031-5981841, 5915551

E-Mail : adm@pih.unair.ac.id

***

 

Tags :