“Gathering Vote UNAIR” Rektor Dorong Sinergi Alumni Menuju UNAIR 300 Besar Dunia Friday, 05 March 2021 15:44

Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh. Nasih saat memberikan sambutan dan arahan pada Gathering Vote UNAIR. (Foto: SS YouTube UNAIR)

UNAIR NEWS – Peran alumni bagi sebuah almamater tidak bisa diragukan lagi. Selain menjadi wajah yang sesungguhnya bagi sebuah institusi, alumni dalam perannya juga bisa mengantar sebuah institusi menuju kancah berkelas dunia. 

Perihal itu, Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi, Kewirausahaan dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga tidak hentinya menggerakkan peran alumni untuk terus bersama memberi kontribusi bagi UNAIR. Salah satunya dengan kegiatan “Gathering Vote UNAIR” UNAIR to 300 World Class University yang dilangsungkan secara virtual pada Sabtu (20/2).

Pada kesempatan yang membanggakan tersebut, hadir rektor bersama jajaran pimpinan di lingkungan UNAIR. Prof. Dr. Moh. Nasih selaku rektor dalam kesempatan itu mengatakan bahwa  salah satu indikator kinerja dan kepengurusan sebuah perguruan tinggi adalah kualitas alumni. Dari employability alumni, tandasnya, bisa menunjukkan seberapa baik kualitas sebuah pendidikan tinggi.

“Pada tahun 2021 employebiliti atau employer reputation menjadi indikator utama yang ditentukan oleh kementerian. Untuk itu, kami berharap peran alumni dalam mendukung indikator ini dengan melakukan Vote to UNAIR pada peran dan posisi masing-masing,” jelas Prof. Nasih.

Selanjutnya, Prof. Nasih juga menjelaskan tentang peran alumni yang masuk dalam indikator dari berbagai survei pemeringkatan. Bahkan pada tahun 2020 lalu, pada survei bulan Maret, peran alumni mampu mengantarkan UNAIR yang dari sebelumnya masuk 651 dunia menjadi 521-530 kampus terbaik dunia.

“Dan salah satu poin yang menentukan peran dari alumni yakni employer reputation, UNAIR bisa mencapai 300 besar dunia,” paparnya.

Tidak hanya itu, pada sambutannya Prof. Nasih juga menjelaskan bahwa dalam lima tahun ke depan, UNAIR telah berkomitmen untuk mengembangkan SMART University. Nilai “S” pada SMART University, tandasnya, merupakan bentuk komitmen universitas dalam mengembangkan sebuah pendidikan yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan zaman dan masa depan.

“Kita ingin melahirkan lulusan-lulusan yang bisa menaklukan tantangan global dan masa depan,” tandasnya.

Pada akhir, Prof. Nasih juga tidak lupa mengucapkan terima kasih atas peran serta alumni yang telah membawa UNAIR lebih baik lagi. Pihaknya juga berharap bahwa di tahun 2021 akan lebih banyak lagi peran alumni dalam mendukung masing-masing prodi di UNAIR untuk bisa menuju kelas dunia.

“Kita semua bekerja bukan untuk kepentingan pribadi tapi untuk kepentingan bangsa dan mengharumkan nama baik UNAIR. Yang dengan hal itu bisa memberikan kebermanfaatan kepada semua,” pungkasnya.

Sumber: http://news.unair.ac.id/2021/02/20/gathering-vote-unair-rektor-dorong-sinergi-alumni-menuju-unair-300-besar-dunia/

 

Tags : Excellence with Morality, Airlangga University, Campus Living