PSDKU Banyuwangi

 

Program Studi Di Luar Kampus Utama Banyuwangi

PSDKU atau Program Studi Di Luar Kampus Utama Banyuwangi merupakan bagian kampus Universitas Airlangga yang menyelengarakan pendidikan sarjana di Banyuwangi. Terdapat empat program studi (prodi) di sana, yaitu S1 Akuntansi, S1 Kedokteran Hewan, S1 Kesehatan Masyarakat, dan S1 Budidaya Perairan. 

Penyelengaraan pendidikan di luar kampus utama itu didasari Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tanggal 24 Juli 2014 dengan Nomor: 274/E/O/2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program-Program Studi Di Luar Domisili Pada Universitas Airlangga di Banyuwangi. 

Selain itu, hal yang melatarbelakangi pendirian program studi tersebut adalah permintaan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banyuwangi yang tertuang dalam Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No.276/E.E2/DT/2014 tentang Mandat Penyelenggaraan prodi-prodi PSDKU UNAIR di Banyuwangi. Berikutnya, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 20 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Program Studi Di luar Domisili Perguruan Tinggi menjadi landasan hukum yang memayungi penyelenggaraan PSDKU UNAIR di Banyuwangi. 

PSDKU UNAIR di Banyuwangi terdiri atas dua kampus. Yakni, Kampus Banyuwangi I di Jalan Wijaya Kusuma No. 113, Kecamatan Giri, Banyuwangi, dan Kampus Banyuwangi II di Jalan Ikan Wijinongko No. 18-A, Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi. Kampus Banyuwangi I untuk prodi Kesehatan Masyarakat, Budidaya Perairan, dan Kedokteran Hewan, sedangkan Kampus Banyuwangi II untuk prodi Kesehatan Masyarakat.

Terdapat banyak pilihan moda transportasi untuk menuju Banyuwangi, tepatnya PSDKU UNAIR di Banyuwangi. Yakni, dengan jalur udara melalui Bandara Blimbingsari Banyuwangi dan jalur darat melalui angkutan umum semacam bis serta kereta api. Namun, dibanding pilihan itu, moda kereta api menjadi akses yang paling dekat, tepatnya ke Kampus Banyuwangi I. 

Sebab, lokasinya berdekatan dengan Stasiun Karangasem. Hanya butuh waktu empat menit untuk sampai di sana. Sementara itu, dari Kampus Banyuwangi I ke Kampus Banyuwangi II butuh waktu 30 menit.

Meski terbilang baru, kiprah PSDKU UNAIR di Banyuwangi dalam memberikan akses pendidikan tinggi berkualitas di wilayah tenggara Jawa Timur itu sudah tampak. Terutama dalam mendukung potensi daerah bidang peternakan dan kelautan melalui prodi di PSDKU UNAIR di Banyuwangi. Termasuk mendukung kebutuhan tenaga medis bagi Banyuwangi melalui kehadiran Kesehatan Masyarakat PSDKU.

Banyak kolaborasi penelitian antara keduanya yang terjalin. Baik oleh mahasiswa maupun dosen. Misalnya, banyak proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) PSDKU yang lolos. Khususnya yang mengangkat permasalahan di Banyuwangi.Keberhasilan itu bukan tanpa sebab. Meski jauh, kualitas pendidikan maupun fasilitas juga tidak kalah dengan kampus pusat.



Lihat Identitas >>

Universitas Airlangga PSDKU di Banyuwangi

  • Kampus Banyuwangi I : Jl. Wijaya Kusuma No. 113, Kec. Giri, Kabupaten Banyuwangi, Telp : 0333 - 417788, Fax : 0333 - 428890
  • Kampus Banyuwangi II : Jl. Ikan Wijinongko No.18a, Sobo, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, 68418
  • Sekretariat Surabaya : Ruang Amerta 305 Kantor Manajemen Lt. 3 Kampus C Mulyorejo Surabaya, Telp/Fax. +62 31 58259501
  • Email     : info@psdku.unair.ac.id
  • Website : http://psdku.unair.ac.id/