Penerimaan Mahasiswa Baru Wednesday, 12 June 2019 09:35

Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) merupakan unit yang bertugas untuk melaksanakan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru di Universitas Airlangga meliputi:

  1. Vokasi (Diploma 3 dan Diploma 4)
  2. Sarjana (jalur Mandiri dan Alih Jenis)
  3. Pascasarjana:
  4. Magister
  5. Doktor
  6. Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
  7. Pendidikan Spesialis:
  8. Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS),
  9. Program Pendidikan Dokter Spesialis 1 (PPDS 1),
  10. Program Pendidikan Dokter Spesialis 2 (PPDS 2)

 

 

Prosedur Pendaftaran

Langkah- langkah registrasi:

  1. Membuka web pendaftaran Universitas Airlangga http//pendaftaran.unair.ac.id.
  2. Klik menu Registrasi
  3. Setelah tampilan muncul, kemudian isikan Nama, No Telp / HP (disarankan HP), Email, Password yang diinginkan. Email & Password ini akan digunakan untuk login.
  4. Klik tombol [Registrasi].
  5. Proses registrasi akun pendaftaran sudah selesai, calon pendaftar hanya cukup melakukan proses ini sekali saja.

 

Langkah-langkah Login:

  1. Membuka web pendaftaran Universitas Airlangga: http//pendaftaran.unair.ac.id.
  2. Login menggunakan akun registrasi dengan Email & Password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Setelah login, tampilan pertama adalah alur proses pendaftaran yang harus ditempuh seorang peserta.
    Jika belum mempunyai akun registrasi ikuti proses “Registrasi Akun Pendaftaran”
  3. Mengikuti langkah ke-1 yaitu pemilihan jenjang seleksi dengan cara klik menu atas Pendaftaran -> Pemilihan Penerimaan.
  4. Memilih jenjang penerimaan yang diinginkan, kemudian klik [Daftar].
  5. Kemudian memilih jenis formulir (S1/S2/S3/Profesi/spesialis) / jenis jurusan (IPA/IPS/IPC), setelah dipilih klik [Simpan]. Maka akan muncul tampilan formulir pendaftaran.
  6. mengisi formulir sesuai data diri calon pendaftar, dan memastikan tidak ada yang terlewat. Setelah selesai terisi semua klik [Simpan].
  7. Setelah mengisi formulir pendaftaran, maka langkah selanjutnya adalah mengupload berkas persyaratan. Untuk mengupload berkas persyaratan klik menu Pendaftaran >> Upload Berkas.
  8. Upload satu-persatu file syarat yang dibutuhkan, perhatikan juga peringatan tentang syarat file yang bisa diupload beserta informasi materai yang harus dipakai untuk berkas pernyataan. Setelah diupload semua, kemudian klik tombol [Submit untuk diverifikasi].
  9. Proses pengisian formulir dan upload file persyaratan sudah selesai. Calon pendaftar tinggal menunggu hasil verifikasi oleh panitia

 

 

Langkah-langkah pembayaran:

  1. Via Teller: ditunjukkan kode voucher
  2. Via ATM: Masuk ke menu multipayment - masukkan kode Unair – masukkan kode voucher

Pembayaran bisa melalui bank mitra yaitu Bank Mandiri (Teller dan ATM), Bank BNI (Teller), Bank BRI (Teller) dan Bank Jatim (Teller). Pembayaran harus di bank yang sama tidak bisa transfer antar bank. Setelah melakukan pembayaran di bank, calon pendaftar akan menerima pin voucher yang bisa digunakan untuk mencetak kartu ujian melalui menu di halaman pendaftaran Verifikasi dengan sebelumnya mengisi kuesioner yang terdapat di link pendaftarannya Cetak Kartu. Pendaftaran mahasiswa baru Universitas Airlangga yang berasal dari luar negeri (asing) menggunakan prosedur pendaftaran yang telah disebutkan di atas dengan memilih menu “Bahasa Inggris”.

Informasi tentang penerimaan mahasiswa baru Universitas Airlangga dapat dilihat di laman: www.ppmb.unair.ac.id.

Seleksi PMB Program Pascasarjana, Profes & Spesialis