Publikasi & Riset Thursday, 27 May 2021 12:39

Laman ini merupakan informasi hasil penelitian dan publikasi para sivitas akademika Universitas Airlangga yang mengandung lebih dari 5000 jurnal akademik dan dapat digunakan oleh para peneliti.

Dosen FKH UNAIR Temukan Manfat Pegagan untuk Hambat Pertumbuhan Sel Tumor 

stemcell UNAIR

Bukti ilmiah tahun 2020 oleh Dr. Iwan Sahrial Hamid, drh., M.Si., mengungkapkan manfaat pegagan sebagai penghambat pertumbuhan tumor melalui jalur antiangiogenesis. Berdasarkan hasil pengamatan makroskopik maupun mikroskopik tampak bahwa respon angiogenesis pada membran korioalantois (CAM) terinduksi bFGF semakin berkurang atau penghambatan angiogenesis pada CAM meningkat dengan kenaikan dosis ekstrak etanolik daun pegagan yang dicobakan.

Informasi detail penelitian ini dapat dilihat di laman unair news 

Efek Hidrogel Carboximethyl Chitosan dengan Ekstrak Etanol Kulit  

tropical diseases

Kunyit (Curcuma Longa L) diketahui memiliki kandungan kurkumin yang bersifat sebagai anti-inflamasi dan antioksidan. Selain itu, kurkumin dapat meningkatkan pembentukan jaringan granulasi, regenerasi epitel, dan meningkatkan angiogenesis pada pemberian secara topikal pada luka.

Informasi detail penelitian ini dapat dilihat di laman unair news 

Potensi Ekstrak Daun Sirih untuk Pengendalian Vibriosis pada Udang

Pharmacy UNAIR 

Sirih (Pipper batle L.) masuk dalam famili Peperaceae merupakan  salah satu jenis tumbuhan yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan. Bagian dari tumbuhan sirih (Pipper batle L.) seperti akar, biji, dan daun berpotensi untuk pengobatan, tetapi yang paling sering dimanfaatkan adalah bagian daun. Daun sirih memiliki efek antibakteri dan dapat mencegah pertumbuhan patogen bawaan makanan, karena mengandung flavonoid dan polifenol. Hasil penelitian melaporkan bahwa ekstrak methanol dan etanol daun sirih efektif terhadap bakteri patogen Escherichia coliPseudomanas aeruginosaStaphylococcus aureus

Informasi detail penelitian ini dapat dilihat di laman unair news 

Pengaruh Teh Hitam (Camellia Sinensis) terhadap Kadar Adiponektin Serum pada Diet Atherogenic Tikus

 

social science UNAIR 

Semakin tinggi dosis penambahan teh hitam maka semakin tinggi pula hasil pengukuran kadar adiponektinnya. Induksi diet tinggi lemak akan meningkatkan ukuran sel lemak inguinalis dan, jika dibandingkan dengan penelitian lain, pemberian ekstrak teh hitam yang diseduh menurunkan ukuran sel lemak. 

Informasi detail penelitian ini dapat dilihat di laman unair news 

 

Untuk melihat lebih detil tentang penelitan Universitas Airlangga, silahkan kunjungi website kami >>