UNAIR NEWS – Tim Belajar Bersama Komunitas (BBK) Universitas Airlangga (UNAIR) Desa Mejono, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri menyelenggarakan seminar entrepreneurship bertajuk Memaksimalkan Potensi Entrepreneurship dengan Emping Melinjo: Menginspirasi Warga Desa Mejono Menuju Kemandirian Ekonomi pada Sabtu (29/7/2023). Acara yang berlangsung di Balai Desa Mejono itu diikuti oleh 15 warga desa yang berkegiatan di pengolahan emping melinjo.
Potensi Emping Melinjo
Warga Desa Mejono memiliki potensi menjadi wirausaha emping melinjo. Namun, mereka masih berkutat sebagai pengepul bahan mentah melinjo saja. Sehingga, BBK 2 UNAIR berinisiatif menggerakkan Desa Mejono menjadi desa wirausaha.
Fadhlan selaku ketua kelompok menyebutkan bahwa program ini bertujuan untuk kolaborasi pemerintah desa dan meningkatkan perekonomian rumah tangga.
“Saya berharap kegiatan ini menjadi pijakan awal dalam pemberdayaan ekonomi warga. Harapannya dapat mengaktifkan BUMDes emping melinjo di Desa Mejono,” tutur Agung Kepala Desa Mejono dalam pembukaan acara.
Dr Joni Haryanto SKp MSi selaku Wakil Dekan Fakultas Keperawatan (FKp) UNAIR sekaligus pegiat bisnis UMKM yang telah berpengalaman menggerakkan BUMDes lokal menjadi pemateri dalam seminar tersebut.
Manfaat Melinjo
Dalam pemaparannya, Joni menjelaskan bahwa melinjo memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Di antaranya, menjaga kekebalan tubuh, mencegah penuaan dini, dan mengatasi hipertensi.
“Untuk menghasilkan melinjo yang sehat, perlu cara pengolahan melinjo yang baik. Pertama, pastikan buah yang kita pilih matang. Caranya, pilih buah yang lunak serta memiliki permukaan halus dan warna kuning kemerahan,” Wakil Dekan FKp UNAIR itu menjelaskan bagaimana cara memilah melinjo yang baik.
“Kemudian saat memasak, pastikan melinjo telah melunak dan jangan melakukan penyimpanan dalam durasi yang lama karena nanti melinjo akan menjadi keras,” lanjutnya.
“Kita dapat menggunakan dua jenis kemasan untuk meningkatkan nilai jual produk. Pertama, kemasan besek untuk menonjolkan kearifan lokal. Kedua, kemasan karton untuk tampilan elegan dan modern yang ramah lingkungan,” Joni membeberkan referensi pengemasan produk Emping Melinjo.
Di akhir materi, Joni memberikan informasi pemasaran produk menggunakan strategi marketing mix dengan mempertimbangkan beberapa aspek.
Yaitu, produk yang dijual harus memuaskan, pemberian harga dengan keuntungan sedikit agar menarik minat konsumen, pemilihan tempat bisnis yang strategis, dan promosi secara online agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas. (*)
Penulis: Aidatul Fitriyah
Editor: Binti Q Masruroh