UNAIR NEWS – Fisheries Processing Club (FPC) Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar webinar passion dan lomba fotografi produk pada Sabtu (7/9/24). Gelaran webinar dan lomba ini menghadirkan Staff Laporan dan Publikasi Asosiasi Rajungan Indonesia Dicki Darmawan sebagai pembicara.
Webinar yang bertemakan “Tips dan Trik Mendesain dan Memfoto Kemasan agar Terlihat Menarik” sukses membawakan materi yang menarik dan berguna bagi masyarakat umum. Khususnya pada wirausahawan yang ingin meningkatkan penjualan produk melalui hasil foto yang mampu meningkatkan ketertarikan pembeli.
Fotografi Kemasan
Fotografi kemasan produk merupakan visualisasi produk dalam bentuk gambar untuk ditampilkan kepada konsumen. Dicki Darmawan selaku pembicara pada webinar ini mengatakan pentingnya fotografi kemasan produk untuk menarik konsumen. “Penting untuk memberikan visual yang menarik karena visual adalah hal yang pertama dilihat dari suatu produk,” ungkapnya.
Dalam suatu produk, selain kualitas dan kemasan, juga perlu mempertimbangkan aspek fotografi dalam memasarkan suatu produk. Visual produk yang menarik akan meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk. “Karena itu skill dalam fotografi juga penting untuk menghasilkan foto yang menarik dan memiliki nilai estetika,” ungkapnya.
Tips dan Trik
Dalam mengambil foto untuk tujuan promosi dan komersial suatu produk perlu memperhatikan beberapa aspek. Dicki membagikan tips dan trik dalam menghasilkan sebuah foto produk yang menarik. Di antaranya memperhatikan pencahayaan, tata letak produk dan kualitas dan resolusi gambar agar menghasilkan gambar yang jernih dan jelas.
Selain itu, perlu adanya proses editing untuk meningkatkan beberapa aspek dalam foto produk seperti kecerahan, saturasi dan kontras. “Proses editing menjadi salah satu kunci dalam membuat foto lebih menarik. Terkadang foto mentah dari kamera cenderung masih memiliki kekurangan pada tone-nya sehingga perlu proses editing untuk meningkatkan kualitas foto,” ungkapnya.
Strategi Marketing
Selain fotografi produk, strategi marketing juga merupakan faktor yang menentukan tinggi rendahnya minat pada produk tersebut. Di zaman ini sudah banyak bermunculan marketplace digital yang banyak masyarakat gunakan. Di dalam berbelanja melalui marketplace, aspek estetika dalam fotografi produk menjadi hal utama yang konsumen lihat.
Perubahan kebiasaan masyarakat dalam berbelanja saat ini merupakan tantangan bagi produsen untuk menampilkan visual produk yang menarik. “Pada marketplace, konsumen tidak bisa melihat langsung produk. Karena itu, produk harus tampil dengan jelas dan menarik agar konsumen dapat melihat detail produk dari foto yang ada,” tutupnya.
Penulis: Rifki Sunarsis Ari Adi
Editor: Yulia Rohmawati