Universitas Airlangga Official Website

Trip ke PT PAL, PURE FISIP Kenali Lebih Dalam Dunia Kehumasan

UNAIR NEWS – Salah satu club mahasiswa di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM) FISIP UNAIR, PURE, melakukan kunjungan ke PT Penataran Angkatan Laut (PT PAL), Surabaya. Kegiatan yang termasuk dalam rangkaian PR TRIP tersebut berlangsung pada Jumat (26/05/2023).

Kunjungan diterima langsung oleh beberapa perwakilan PT PAL. Siwi Lailatul Hikmah Manager Humas PT PAL Indonesia menuturkan, PT PAL memiliki keterbukaan perusahaan untuk melakukan diskusi interaktif dengan mahasiswa. Kesempatan kunjungan ini, katanya, dapat menjadi ajang sosialisasi mengenai aset kebanggan bangsa berupa karya-karya dari industri strategis pertahanan nasional.

“Melalui agenda kunjungan ini harapannya dapat menambah khazanah pengetahuan bagi rekan-rekan mahasiswa UNAIR. Tentunya juga tertanam rasa bangga akan kemampuan bangsa di bidang manufaktur maritim dan pertahanan nasional,” jelas Siwi.

Pengalaman Belajar Langsung

Nadya Chairunnisa selaku Ketua Klub Public Relations of HIMAKOM UNAIR (PURE) menceritakan pengalaman menarik saat diajak belajar langsung di lapangan. Pihaknya mengaku bahwa kunjungan kali ini memberikan pembelajaran yang menarik karena bisa berinteraksi langsung dengan praktisi-praktisi public relation. PR Trip sendiri bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa agar mengetahui peran public relations dalam suatu perusahaan.

“PT PAL menyediakan fasilitas dan pilihan kegiatan menarik seperti sesi presentasi, talkshow, dan keliling di area perusahaan. Salah satu program humas menarik yaitu PR Talks yaitu podcast,’’ jelas Nadya.

Bekal Meniti Karir

Nadya menjelaskan bahwa kunjungan kali ini menjadi modal yang menarik guna mempersiapkan diri ke dunia kerja. Baginya, kesempatan ini bisa menjadi titik awal untuk lebih jauh mengerti peran humas di setiap perusahaan. Pihaknya juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada PT PAL yang telah bersedia berkolaborasi.

“Para mahasiswa pastinya mendapatkan informasi bagaimana perusahaan menjalankan operasional. Kami juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung mengenai public relations yang ada,’’ jelas Nadya. (*)

Penulis: Satriyani Dewi Astuti

Editor: Binti Q Masruroh