UNAIR NEWS – Suburnya bisnis coffee shop menjadi pertanda bahwa minat masyarakat dalam mengkonsumsi kopi atau menikmati suasana kedai masih amat besar. Melihat peluang tersebut, Kementerian Ekonomi Kreatif Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga (BEM UNAIR) menggelar webinar untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, khususnya di bidang kopi kekinian.
Mengenal Tahapan Pembuatan Kopi
Dalam kegiatan hari Jumat (3/9/2022), pemilik Baccani Indonesia Coffee, Kevin Pradana membagikan pengalamannya dalam merintis kedai kopi miliknya. Anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu menyebutkan, untuk membuka bisnis kedai kopi, seharusnya memiliki dasar-dasar pengetahuan mengenai pembuatan kopi.
“Pengetahuan mengenai rasa biji kopi akan mempermudah inovasi menu. Biji kopi yang umumnya digunakan di kafe Surabaya adalah Robusta yang memiliki rasa pahit, Arabika yang cenderung masam, dan house-blend yang merupakan rasa kombinasi dari beberapa biji kopi,” sebutnya.
Setelah melalui proses pemilahan, biji kopi akan disangrai untuk memunculkan cita rasa kopi yang khas. Aroma dan rasa biji kopi akan berubah sesuai dengan suhu yang dipakai dalam menyangrai. Setelahnya, penggilingan biji kopi menentukan seberapa kasar butiran yang dihasilkan.
Mengenal Pasar
Kevin menyarankan mahasiswa untuk fokus pada pengembangan rasa yang sesuai dengan keinginan pasar yang dituju. “Dengan mengetahui minat kopi, maka kita dapat menambahkan campuran seperti susu, karamel, bubuk rasa, untuk menyesuaikan rasa kopi dengan lidah target pelanggan,” sebutnya.
Membuat Konsep Tema Ruang Kafe
Kebanyakan pelanggan memilih kafe yang nyaman disinggahi untuk waktu yang lama, oleh sebab itu konsep tema ruangan yang diusung menjadi sangat penting. “Selain itu akan sangat bagus bila karyawan komunikatif dan dapat menciptakan suasana yang nyaman bagi pelanggan,” jelasnya.
Menentukan Arah Pengembangan Bisnis
Setelah mencapai keuntungan yang diinginkan, pebisnis juga harus menentukan langkah yang diambil untuk mengembangkan usaha. “Contohnya bisa melakukan ekspansi, membuat cabang dengan brand baru, menawarkan kemitraan atau franchise,” sebutnya.
Melalui materi yang disampaikan, Kevin berharap dapat memberikan ilmu sekaligus menumbuhkan keinginan berwirausaha bagi mahasiswa UNAIR. Selain Kevin, webinar tersebut juga menghadirkan Moch Rifqi Nur Azizi, owner Vox Populi, Cerita Lama, sebagai salah satu narasumber. (*)
Penulis : Stefanny Elly
Editor : Binti Q. Masruroh