Universitas Airlangga Official Website

Catat, Syarat dan Ketentuan Seleksi Mandiri UNAIR

UNAIR NEWS – Gelaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 telah selesai. Universitas Airlangga (UNAIR) masih membuka pendaftaran melalui jalur seleksi mandiri. Seleksi ini akan berlangsung secara luring di kampus Universitas Airlangga (UNAIR). Berikut ini merupakan informasi mengenai Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) tahun 2023. Simak dan catat baik-baik, ya!  

Syarat Pendaftaran

Seleksi Mandiri UNAIR tahun 2023 memiliki sejumlah persyaratan sebagai berikut. 

1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Lulusan SMA/MA/SMK atau setara tahun 2021, 2022 dan 2023. Lulusan SMA/MA/SMK atau setara luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

3. Lulusan tahun 2021 dan 2022 harus sudah memiliki ijazah dan lulusan tahun 2023 minimal harus memiliki surat keterangan kelas XII dari pihak sekolah yang memuat informasi diri dan foto terbaru yang sudah memiliki cap sah.

4. Memiliki kondisi kesehatan yang baik agar tidak menghambat proses pembelajaran di program studi.

Jenis Ujian

Tahun ini, Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) menyediakan tiga jalur seleksi sebagai berikut. 

1. Jalur UTBK dan TKA

SMUA UTBK dan TKA merupakan jalur seleksi menggunakan nilai UTBK-SNBT 2023 dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Tes ini akan berlangsung secara luring di kampus UNAIR pada tanggal 27-28 Juni 2023 menggunakan sistem Computer Based Test (CBT). Nilai UTBK-SNBT 2023 digunakan untuk mendapatkan nilai Tes Potensi Skolastik (TPS), Penalaran Matematika, dan Bahasa Inggris, sedangkan nilai TKA digunakan untuk mendapatkan nilai Saintek atau Soshum. 

2. SMUA Reguler Ujian Tulis

SMUA Reguler Ujian Tulis merupakan jalur seleksi menggunakan tes tulis berbasis Computer Based Test  (CBT). Tes ini akan berlangsung luring di kampus UNAIR pada tanggal 10-13 Juli 2023. Adapun materi tes terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek atau Soshum. 

3. SMUA Kemitraan Ujian Tulis

SMUA Kemitraan Ujian Tulis merupakan jalur seleksi menggunakan tes tulis berbasis Computer Based Test (CBT). Tes ini bersamaan dengan jalur SMUA Reguler Ujian tulis pada tanggal 10-13 Juli 2023. Materi tes terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek atau Soshum. 

Di samping itu, tes kemitraan juga memiliki persyaratan khusus. Pertama, peserta harus memiliki surat pernyataan rekomendasi dari mitra terkait. Kedua, mitra dapat berasal dari instansi pemerintah atau perusahaan yang sudah atau akan bekerja sama dengan Universitas Airlangga (UNAIR). 

Starter Pack

Tidak lupa, peserta juga harus memperhatikan beberapa perlengkapan ujian. Pertama, peserta harus mencetak dan membawa kartu peserta SMUA. Kedua, peserta harus membawa kartu identitas diri. Ketiga, peserta harus membawa alat tulis. Terakhir, peserta harus memakai pakaian rapi berkerah dan bersepatu. (*)

Informasi lebih lanjut mengenai informasi Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) dapat diakses melalui laman ini. 

Penulis: Rafli Noer Khairam

Editor: Khefti Al Mawalia