Universitas Airlangga Official Website

Cara Mengelola Bisnis yang Berkelanjutan

Dari kiri Afif Muqsith sebagai moderator dan Syarif Hidayatullah, serta Ziaudin Sardar sebagai pembicara Talkshow One Day Festival pada kamis (14/09/2023). (Foto: Mutiara Rachmi Karenina)
Dari kiri Afif Muqsith sebagai moderator dan Syarif Hidayatullah, serta Ziaudin Sardar sebagai pembicara Talkshow One Day Festival pada kamis (14/09/2023). (Foto: Mutiara Rachmi Karenina)

UNAIR NEWS – Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Airlangga mengadakan talkshow One Day Festival (ODF) yang berlangsung pada Kamis (14/09/2023). Kegiatan itu bertujuan untuk mendukung SDGs nomor empat yakni pendidikan berkualitas karena mengedukasi untuk meningkatkan skills non akademik dan berwirausaha yang berkelanjutan.

Hadir dalam acara itu dua pembicara Ziaudin Sardar CO Founder Umroh Backpacker.id dan Syarif Hidayatullah CEO of Persada Indonesia. Acara yang diadakan di Aula Fadjar Notonogoro Kampus Dharmawangsa-B mengangkat tema yang bertajuk Membangun Tekad untuk Merintis dan Mengembangkan Bisnis yang dimiliki melalui Platform Sosial Media.

Zia sapaan Ziaudin Sardar menyampaikan,  jasa umrohnya berhenti beroperasi  saat pandemi dan tidak tinggal diam untuk memilih banting setir dengan mendirikan Bayibunda.id. Platform yang berfokus pada pendampingan serta dukungan kepada ibu dan bayi. Zia mengajak kakaknya yang berprofesi sebagai bidan selama 10 tahun untuk mendirikan Bayibunda.id, yang mana terdapat treatment dan konsultasi layanan kesehatan bayi.

Sementara itu, Syarif mengatakan bahwa dalam bisnis itu bicara tidak kepastian, dan cara menyelesaikan masalah demi masalah serta mencari solusinya. Syarif mengakui pernah menggunakan brand ambassador terkenal, namun tidak disangka engagement rate turun ditambah era pandemi. Ia mencari alasan dan mengatur sebuah perubahan goals bisnisnya. Dua tahun fokus mengelola ancaman industri umroh haji saat itu. Menurutnya, bisnis yang baik adalah bisnis yang dapat sustainable.

Tips Berbisnis

Syarif mengambil jalan berbisnis yaitu dengan mentransformasikan target marketing yang sebelumnya ia tujukan untuk kalangan tua, menjadi target milenial. Menurutnya, usia milenial generasi emas melek digital, memiliki daya bisnis maker dan matang dalam mengambil keputusan. Berbisnis itu fokusnya manusia, isinya memahami manusia selanjutnya cara marketing ke audience. Jualan paling efektif adalah bagaimana bisa menjalin hubungan baik dengan audience, jangan fokus di materi karena terkesan manipulatif. 

Menurutnya, dalam memilih bisnis harus menyesuaikan target pasarnya yang jelas dan value apa yang bisa diberikan pada konsumennya. Menjadi alasan Bayibunda.id  hadir karena melihat lingkungan sekitar masih memilih mengobati anaknya ke dukun bayi dan tidak diserahkan pada ahlinya. Baginya, Bayibunda.id adalah sekocinya dalam bisnis umroh itu. Hasilnya, memberikan pembelajaran hingga sekarang fokus pada Bayibunda.id dan Umroh.Backpacker.id.

“Bisnis jangan fokus di laba, duit itu cepat menguap. Mesti punya alasan yang emosional untuk berbisnis. Alasanku kuat geluti bisnis jasa umroh untuk menciptakan rasa aman masyarakat dalam mempercayakan travel, karena marak penipuan travel umroh di Indonesia kan?” pungkas Syarif Hidayatullah.

Penulis: Mutiara Rachmi Karenina

Editor: Khefti Al Mawalia