Universitas Airlangga Official Website

Mengurangi Risiko Jatuhnya Harga Saham di Indonesia

Sumber foto: okezone.com
Ilustrasi saham (Sumber: okezone.com)

Penelitian ini mengeksplorasi fenomena gelembung pasar yang mempengaruhi pasar modal di Indonesian yang arus kas perusahaan lebih rendah dari ekspektasi investor. Manajer cenderung menyembunyikan informasi negatif untuk melindungi kepentingan pribadi (Manrejo, 2022). Habib (2018) menyatakan bahwa penghindaran pajak adalah cara manajer untuk menutupi kinerja buruk. Kebijakan manajerial yang ada untuk meminimalkan beban pajak dapat meningkatkan keuntungan, nilai perusahaan, dan kekayaan pemegang saham (Blaufus K et al., 2019). Penggunaan penghindaran pajak oleh manajer oportunis biasanya terjadi untuk menyembunyikan kinerja buruk. Hal ini kemudian memaksa pemegang saham mengonsumsi asimetri informasi yang menyesatkan (Garg M et al., 2022). Mazur et al (2022) menunjukkan bahwa perusahaan yang menghindari pajak memiliki probabilitas lebih tinggi mengalami crash harga saham. Namun, Neifar (2019) menemukan bahwa di Jerman, penghindaran pajak tidak mempengaruhi risiko crash, tetapi meningkatkan kekayaan pemegang saham secara signifikan.

Penelitian ini bertujuan untuk memperluas literatur mengenai penghindaran pajak sebagai determinan risiko crash harga saham. Terutama terkait peran kunci CEO yang sangat terampil dalam perusahaan yang menerapkan kebijakan pajak agresif. Menggunakan sampel perusahaan yang terdaftar dalam indeks Kompas 100 di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015 hingga 2019. Penelitian ini termotivasi oleh fenomena penghindaran pajak sebagai masalah serius kepatuhan wajib pajak yang mengancam sistem pajak di Indonesia. Rasio pajak Indonesia yang berkisar 10-12% menunjukkan bahwa kontribusi pendapatan pajak terhadap pendapatan nasional relatif rendah. Padahal potensi pendapatan pajak seharusnya cukup besar.

Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan pengetahuan dengan beberapa cara. Pertama dengan menunjukkan peran CEO yang berketerampilan tinggi dalam mempengaruhi intensitas hubungan antara penghindaran pajak dan risiko crash harga saham. Kedua dengan memasukkan aspek manusia dalam bentuk karakteristik CEO dalam model yang menghubungkan penghindaran pajak dengan risiko crash harga saham. Ketiga membuat kontribusi praktis dengan memberikan perusahaan gambaran tentang peran CEO yang berkapabilitas tinggi untuk mengurangi risiko crash harga saham. Keempat dengan memberikan kontribusi teoritis dengan memberikan bukti dari perspektif teori agensi. Ini akan menunjukan bahwa perilaku oportunis manajer terpicu karena kekhawatiran karir dan keterampilan rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari keterampilan tinggi CEO terhadap hubungan antara penghindaran pajak dan risiko crash harga saham di Indonesia.

Metode Penelitian dan Hasil

Peneliti melakukan analisis untuk mengetahui pengaruh kemampuan tinggi CEO terhadap hubungan antara penghindaran pajak dan risiko crash harga saham di Indonesia. Peneliti menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan observasi pada 436 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2019. Data diperoleh melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia yang diindeks oleh Kompas 100. Data kemudain akan diuji menggunakan model ordinary least square regression. Hasil penelitian menemukan bahwa penghindaran pajak memiliki efek positif terhadap risiko penurunan harga saham perusahaan yang tergabung dalam indeks Kompas 100 di Bursa Efek Indonesia.

Selain itu, CEO yang memiliki keterampilan tinggi dapat melemahkan hubungan antara penghindaran pajak dan risiko penurunan harga saham. Temuan ini mendukung perspektif teori agensi, di mana penghindaran pajak digunakan oleh manajer oportunis untuk menyamarkan informasi keuangan, sehingga meningkatkan risiko crash harga saham di masa depan. Penelitian ini memperkaya literatur dengan menunjukkan peran CEO yang sangat terampil dalam mempengaruhi intensitas hubungan antara penghindaran pajak dan risiko crash harga saham.

Penulis: Mustika Winedar, Prof. Iman Harymawan, S.E., MBA., Ph.D.

Informasi detail dari riset ini ada di link:

https://doi.org/10.15826/jtr.2023.9.3.152

BACA JUGA: Catatan Keberadaan Ikan Belobranchus Segura di Sumatera