Universitas Airlangga Official Website

UKMKI Gelar Kajian Ramadan Ulas Tujuan Puasa

Ustaz Toha menyampaikan materi tentang puasa
Ustaz Toha menyampaikan materi tentang puasa

UNAIR NEWS – Puasa adalah perjalanan spiritual, sebuah pelajaran tentang pelajaran dan pengendalian diri. Untuk mencapai keberhasilan dalam melakukan perjalanan, tentu perlu adanya kesiapan. Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKMKI) Universitas Airlangga (UNAIR) menggelar Kajian Ramadan ulas tujuan puasa. Kajian itu berlangsung pada Rabu (13/2/2024) di Masjid Nuruzzaman, Kampus Dharmawangsa-B.

Acara tersebut mengusung tema “Rahasia di Balik Puasa: Mengapa Kita Melakukan Ini Setiap Tahun?”. Hadir dalam acara itu, Ustaz M. Toha, seorang pemateri. Ustaz Toha mengatakan, puasa merupakan kewajiban bagi setiap muslim sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Qur’an. “Sebagai seorang muslim, kita wajib untuk melaksanakan puasa sebulan penuh sesuai dengan perintah Allah dalam Q.S Al Baqarah ayat 186,” tutur Ustaz Toha.

Ustaz Toha menerangkan, orang berpuasa terbagi menjadi tiga golongan. Golongan pertama, lanjut Ustaz Toha, merupakan golongan orang yang menzalimi dirinya sendiri. “Golongan pertama ini adalah orang yang menzalimi dirinya sendiri, artinya ia tidak menjalani puasa. Sehingga, kesempatan untuk mendapat pahala besar ia sia-siakan,” terang Ustaz Toha.

Ia melanjutkan, golongan kedua adalah golongan pertengahan, dan golongan ketiga adalah orang yang melaksanakan puasa dengan sebaik-baiknya.

Ustaz Toha menjelaskan, puasa memiliki beberapa tujuan yang menjadikan muslim menjadi pribadi yang lebih baik. Salah satunya, lanjut Ustaz Toha, adalah puasa bisa menjadi perisai bagi seorang muslim. 

“Puasa bisa menjadi perisai bagi seorang muslim. Sebab, ketika manusia lapar maka aliran darah akan menyempit. Aliran darah ini merupakan tempat setan untuk menggoda manusia,” paparnya.

Ustaz Toha melanjutkan, dengan meminimalkan jalan setan untuk menggoda manusia, harapannya puasa dalam bulan ramadan itu bisa menjadi perisai bagi seorang muslim agar terjaga dari nafsu. Sehingga, lanjutnya, bisa menjadi pribadi yang baik dan taat dalam menjalankan ibadah.

Penulis: Muhammad Rizal Abdul Aziz

Editor: Nuri Hermawan