Universitas Airlangga Official Website

Kecintaan pada Seni Religi Bawa Husnia Raih Segudang Prestasi

Husniatul Hotimah
Husniatul Hotimah, Wisudawan Berprestasi S1 Fakultas Kedokteran Hewan

“Do what you love and love what you do”

UNAIR NEWS – Pada wisuda Universitas Airlangga (UNAIR) periode 242, Husniatul Hotimah dinobatkan menjadi wisudawan berprestasi. Perempuan yang akrab disapa Husnia itu berhasil dinobatkan menjadi wisudawan berprestasi Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UNAIR karena sejumlah pencapaiannya dalam bidang seni religi.

Husnia menuturkan bahwa pencapaiannya itu dimulai sejak ia bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seni religi saat masih menjadi mahasiswa baru. “Saya bergabung dalam UKM seni religi di divisi nasyid. Dari situlah saya berkesempatan untuk mengikuti berbagai lomba dan sempat membantu juga untuk mengisi acara. Sampai akhirnya bisa masuk ke grup inti yaitu El Ghassani Voice,” jelasnya.

Husnia mengaku senang bisa bergabung dalam grup nasyid tersebut karena ia bisa bertemu dengan teman-teman yang memiliki hobi dan tujuan yang sama. Di samping itu, ia menjadikan kegiatannya di grup nasyid itu untuk melepaskan penat dari kesibukan berkuliah.

“Salah satu faktor utama saya untuk menggeluti bidang ini adalah untuk mengisi waktu dengan kegiatan positif. Saya menjadikan El Ghassani Voice ini sebagai tempat healing dari lelahnya belajar dan tugas-tugas kuliah, jadi saya sangat menikmatinya,” ujar Husnia.

Selama menjalani kegiatan bersama El Ghassani Voice, Husnia menyebutkan bahwa ia selalu berusaha untuk tidak meninggalkan kewajibannya sebagai mahasiswa. “Saya belajar untuk bisa membagi waktu antara tugas kuliah dan latihan nasyid. Jadi kalau misalnya ada jadwal latihan yang sampai malam, saya akan menyelesaikan tugas kuliah saya terlebih dahulu atau mengerjakannya di sela istirahat latihan,” tuturnya.

Kegigihan tersebutlah yang mengantarkannya meraih beberapa juara bersama El Ghassani Voice. Seperti, Juara 1 Lomba Cover Sholawat Festival Dakwah Islam Tingkat Nasional oleh

Manajemen Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya 2021 hingga Juara Favorit Festival Nasyid Ramadan Tingkat Nasional oleh Ramadan di Universitas Gadjah Mada 2022.

“Tidak akan ada hal yang sudah kita usahakan tetapi kita tidak mendapatkan dapat apa-apa dari hal tersebut, minimal pasti kita mendapatkan hikmah atau pelajaran hidup dari sana. Jadi, lakukan saja apa yang ingin kita lakukan, selama itu positif dan bermanfaat juga untuk orang lain, kenapa tidak?” pungkas Husnia.

Penulis: Adinda Aulia Pratiwi
Editor: Yulia Rohmawati