UNAIR NEWS – Lima mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil meraih pendanaan untuk Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K). Adalah M Assadam Rizqi Saputra dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan rekan satu timnya, Aulia Widi Mangesti dari Fakultas Psikologi (FPsi), Shinta Puteri Permadani dan Amalia Nur Rahma dari FEB, serta Rizki Ferdiansyah dari Fakultas Sains dan Teknologi (FST).
Sadam sebagai ketua tim, memberi nama timnya Alang. Tim Alang merancang sebuah inovasi berupa board game petualangan harta karun yang diberi nama Si Alang Mobile Apps. Si Alang merupakan permainan yang berfungsi untuk mengembangkan multiple intelligences dan pada anak usia 7-11 tahun.
Kombinasikan Board Game dengan Budaya Indonesia
Berangkat dari kesadaran akan menurunnya ketertarikan anak-anak Indonesia akan keberagaman budaya, Sadam dan rekannya menginisiasi produk Si Alang. Keunikan Si Alang besutan tim Sadam ini terletak pada game yang mengombinasikan 9 multiple intelligences dan sumber daya lokal berupa budaya Indonesia. Board game petualangan harta karun dimulai dari Pulau Sumatera dan berakhir di Pulau Papua sebagai tempat harta karun.
“Si Alang merupakan produk inovasi mainan yang dapat mengembangkan 9 multiple intelligences anak yang terdiri dari musical, logical mathematical, spatial, kinesthetic, linguistic, interpersonal, intrapersonal, naturalist, dan existential. Produk ini terintegrasi dengan Alang Mobile Apps yang dikemas dengan desain sangat menarik sehingga mampu membuat pengalaman bermain lebih edukatif, interaktif, dan atraktif,” terang Sadam.
Tantangan dan Langkah Selanjutnya
Sadam menyatakan, yang menjadi tantangan dalam mengembangkan inovasinya adalah penentuan Topik yang Relevan. Memilih topik yang tepat dan bermanfaat bisa menjadi tantangan karena harus mempertimbangkan aspek kebaruan dan relevansi dengan bidang studi yang dipilih.
“Untuk mengatasinya, kami melakukan diskusi intensif dan tinjauan literatur yang menyeluruh untuk memastikan topik yang dipilih memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang signifikan,” papar ketua Tim Alang ini.
Sedangkan untuk rencana kedepannya, tim Alang berencana untuk melakukan penjualan produk kepada target konsumen. “Selain itu kami akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membantu mempromosikan produk kami sehingga kami dapat menciptakan brand awareness produk kami,” pungkasnya.
Penulis : Febriana Putri Nur Aziizah
Editor : Khefti Al Mawalia