Universitas Airlangga Official Website

TOKOUA, Wujudkan Kemandirian Universitas lewat Produk Inovasi

Tampilan Website pada TOKOUA (Foto: Tangkapan layar website TOKOUA)
Tampilan Website pada TOKOUA (Foto: Tangkapan layar website TOKOUA)

UNAIR NEWS – Inovasi merupakan ide atau kreatifitas dalam membantu menyelesaikan masalah. Namun, inovasi dan kreativitas para mahasiswa sering kali hanya berhenti dalam ide. Hal ini mendorong Badan Pengembangan Bisnis Rintisan dan Inkubasi (BPBRIN) Universitas Airlangga (UNAIR) untuk membangun e-commerce TOKOUA untuk membantu mengembangkan penjualan produk inovasi sivitas akademika UNAIR. 

Ketua BPBRIN UNAIR, Prof Dr Muhamad Nafik Hadi Ryandono SE M Si menjelaskan bahwa TOKOUA ini berasal dari bahasa jawa “tukuo” atau yang berarti menyuruh untuk membeli. TOKOUA menjadi sebuah aplikasi jual beli online yang menjual produk  sivitas akademika inovasi UNAIR. “Semua keluarga besar UNAIR termasuk alumni juga diperbolehkan dalam penjualan barang inovasi pada TOKOUA ini,” jelasnya.

TOKOUA memiliki berbagai macam produk halal dan berkualitas. Nafik menjelaskan bahwa barang yang ada pada TOKOUA adalah hasil inovasi Dosen UNAIR, seperti Exelzyme, Yorri, Ihsan Siwak, dan beberapa produk lainnya yang memiliki khasiat, baik dari produk herbal hingga aksesoris. “TOKOUA memiliki keinginan untuk membangun branding sendiri dan mempromosikan UNAIR secara keseluruhan,” ungkapnya.

TOKOUA juga berperan sebagai hilirisasi inovasi, yakni melakukan pengolahan dari bahan mentah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Prof nafik menyampaikan bahwa produk yang telah teruji dan terkomersialisasi nantinya akan membantu dalam meningkatkan revenue UNAIR  dan mendukung kemandirian universitas. ”Target jangka panjangnya adalah sebuah kemandirian dari UNAIR,”lanjutnya.

Dalam menjalankan tugasnya, TOKOUA juga bekerja sama dengan beberapa pihak ekspedisi seperti GRAB dan JNE. Selain itu, TOKOUA juga menerima berbagai metode pembayaran sehingga dapat mencapai pasar masyarakat yang lebih luas.

“Penjualan produk inovasi tidak mudah dan ketika menjual pada mitra pembayarannya juga sangat mahal hingga ratusan juga perbulan. Sehingga selain sebagai pemasaran, produk-produk UNAIR yang berada pada TOKOUA juga dapat memberikan kontribusi pada sosial dan masyarakat,” terangnya.

Penulis : Ahmad Hanif Mustahafa

Editor : Edwin Fatahuddin