Universitas Airlangga Official Website

Bagaimana Dampak KEN bagi Pelaku Ekonomi Kreatif? Begini Kata Ekonom UNAIR

Karisma Event Nusantara (KEN)(Sumber: traveloka.com)
Karisma Event Nusantara (KEN)(Sumber: traveloka.com)

UNAIR NEWS Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bersiap untuk menggelar ulang program unggulan mereka, Karisma Event Nusantara (KEN) 2024. Program tersebut bertujuan untuk menjadi magnet bagi minat kunjungan wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara. Harapannya, itu menghidupkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di seluruh Indonesia.

Menurut Pakar Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Prof Dr Sri Herianingrum SE MSi, peluncuran Karisma Event Nusantara memiliki dampak yang signifikan bagi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia. Program tersebut menjadi bagian program generasi kedua dan keempat. Tujuannya, menjadi daya tarik utama dalam meningkatkan minat kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri ke berbagai daerah di Indonesia.

Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat beragam. Mulai tujuan wisata alam hingga situs bersejarah, dari pusat bisnis hingga tempat-tempat unik di setiap daerah. Setiap provinsi dan kabupaten di Indonesia memiliki ciri khasnya sendiri dalam hal tujuan wisata yang unik.

Prof Dr Sri Herianingrum SE MSi saat dikukuhkan menjadi guru besar UNAIR. (Foto: PKIP UNAIR)

“Melalui Karisma Event Nusantara, keunikan dan kekhasan Nusantara diharapkan semakin diperkenalkan dan ditingkatkan. Bahkan hingga ke tingkat kecamatan di setiap kabupaten,” ungkapnya.

Pakar Ekonomi itu juga menyoroti dampak peluncuran program itu juga terasa dalam pengembangan industri ekonomi kreatif Indonesia. Tidak hanya memperkuat identitas wisata Nusantara, tetapi juga membuka peluang bagi pelaku ekonomi kreatif lokal untuk mengembangkan produk dan layanan mereka. Namun, pelaksanaan acara tersebut juga membawa tantangan, seperti persaingan pasar yang ketat dan kebutuhan akan produk dan fasilitas berkualitas.

“Kolaborasi antara pemerintah, industri UMKM, dan komunitas kreatif lokal menjadi kunci dalam menghadapi tantangan ini. Melalui kerja sama yang kuat, pelaku ekonomi kreatif dapat bersiap menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat dan memanfaatkan peluang yang muncul,” tuturnya.

Ia menekankan bahwa peluncuran Karisma Event Nusantara berdampak positif pada pemberdayaan pelaku ekonomi kreatif lokal. Dengan memperkuat produksi lokal dan memperkenalkan produk-produk khas daerah, program tersebut membantu meningkatkan pendapatan dan keberlangsungan produksi pelaku ekonomi kreatif lokal.

“Dengan memperkuat identitas dan daya tarik wisata Nusantara serta memberdayakan pelaku ekonomi kreatif lokal, program ini menjadi langkah penting dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” tutupnya.

Penulis: Rosali Elvira Nurdiansyarani

Editor: Feri Fenoria

Baca juga:

Potensi dan Tantangan Kendaraan Listrik dalam Ekonomi Indonesia

Pakar Ekonomi UNAIR: Bayar UKT via Pinjol, Solusi atau Masalah Baru