Universitas Airlangga Official Website

Hak Anak-Anak dalam Dunia Digital: Bermain, Mendesain, dan Praktik

Dalam era kemajuan teknologi, gaya hidup keluarga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, memengaruhi pola hidup mereka. Pemanfaatan teknologi memungkinkan individu tetap terhubung meskipun berada di lokasi yang berjauhan dan memberikan akses ke informasi (Lanigan, 2009). Namun, dampak negatif juga terjadi, termasuk komunikasi tatap muka yang berkurang di antara anggota keluarga yang tenggelam dalam perangkat teknologinya. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi yang berlebihan dapat meningkatkan tingkat kecemasan, terutama pada anak-anak dan orang tua (Gatto dan Tak, 2008). Oleh karena itu, pengetahuan dan pemahaman tentang penggunaan teknologi bagi anak-anak dan orang tua di dalam konteks keluarga menjadi sangat penting.

Buku ‘Young Children’s Rights in a Digital World: Play, Design and Practice,’ yang disunting oleh Donell Holloway dan tim editor, menggali berbagai topik penelitian. Buku ini mengakui bahwa anak-anak, tanpa memandang usia, kemampuan, status sosial ekonomi, atau asal geografis, seharusnya memiliki kesempatan yang setara untuk mengakses teknologi dan konten digital baru. Mereka juga seharusnya dapat menikmati keterlibatan positif dan aman dengan teknologi ini, didukung oleh bimbingan dan keahlian orang dewasa.

Buku ini dibagi menjadi empat bagian, masing-masing terdiri dari beberapa bab. Bagian I mengeksplorasi berbagai aspek keterlibatan anak-anak dengan teknologi digital, termasuk perspektif dan keyakinan orang tua, strategi orang tua dalam mengelola waktu layar anak, dinamika komunikasi dalam keluarga, dan efek sosial dari penggunaan layar di rumah. Bagian II membahas inisiatif dan tanggung jawab pendidik dalam meningkatkan keterampilan digital anak-anak. Bagian III dan IV membahas pengembangan mainan hibrida dan isu privasi terkait pengumpulan data anak-anak.

Buku ini memiliki kekuatan, termasuk sintesis komprehensif penelitian global terbaru tentang hak anak-anak dalam dunia digital. Pendekatan interdisipliner dari penulis yang berasal dari berbagai latar belakang memastikan investigasi menyeluruh mengenai hak anak-anak dalam era digital. Meskipun demikian, penulis menyarankan bahwa integrasi perspektif dari konteks internasional yang lebih luas dapat meningkatkan relevansi dan aplikabilitas buku ini.

Penutup:
Buku ini tidak hanya mendalam dalam topik-topik krusial mengenai hak anak-anak dalam dunia digital, tetapi juga memberikan manfaat tambahan melalui penggabungan penulis dengan latar belakang yang beragam, analisis mendalam tentang topik tertentu, dan diskusi yang lebih komprehensif mengenai kontrol orang tua dan pertimbangan etika. Meskipun ditujukan terutama untuk peneliti dan akademisi, buku ini juga relevan bagi praktisi pendidikan anak-anak dini, pembuat kebijakan, dan individu yang tertarik pada hak anak-anak dalam era digital.

Nama Penulis:
Imam Ghozali
Nur Hidayat
Nadya Afdholy
S. Sumihatul Ummah MS

Link Jurnal:
https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/03004279.2023.2273908